. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 22 Juli 2019

IIOutFest 2019 Bakal Lebih Serius, Bukan Cuma Dimeriahkan 3 Negara Tujuan Wisata Petualangan

Label internasional dalam pameran bertajuk Indonesia International Outdoor Festival (IIOutFest) 2019 bukan basa-basi atau pemanis saja.

Buktinya, 3 negara yang menjadi tujuan wisata petualang bakal turut memeriahkan outdoor expo ini yang akan berlangsung di Wisma Aldiron, Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, 1-4 Agustus mendatang.

Menurut Ronnie Ibrahim dalam Press Conference IATTACON dan IIOutFest 2019 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (22/7), IIOutFest tahun ini bukan hanya menampilkan pemain dalam negeri, tetapi juga diikuti beberapa negara yang menjadi tujuan adventure seperti Nepal, Selandia Baru, dan Malaysia (Serawak).

"Kehadiran mereka dari negara yang sudah maju wisata petualangannya, diharapkan dapat memberi input positif bagi pengembangan wisata petualangan di Indonesia," ujar Ronnie.

CEO/founder IIOutfest TJ Anggara menambahkan kehadiran peserta dari mancanegara tersebut tak bisa dipungkiri akan memberi kesan IIOutFest tahun ini lebih serius. 

Artinya bukan hanya sekadar menggelar produk-produk perlengkapan dan peralatan petualangan, tetapi juga menampilkan berbagai produk jasa, kegiatan, edukasi, dan hiburan.

Salah satu edukasinya dengan diadakannya IATTACON atau Indonesia Adventure Travel Trade Converence 2019 yang akan digelar 1 Agustus di Lapangan Aldiron.

Pembicara yang dihadirkan antara lain Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Asdep Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan, Presiden IATTA Cahyo Alkantana, Firektur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Asep Sugiharta, Presiden Natta CN Pandey, dan Babu Adventure Nepal Sanu Banu Sunuwar.

Selain itu para pelaku wisata petualangan profesional di Tanah Air antara lain pelopor paralayang Indonesia Gendon Subandono, CEO Buniayu (Gua) Adventure dan Training Ferry Saputra, Ketua Tim Percepatan Wisata Petualangan Amalia Yunita A, dan Founder sekaligus Owner Skywalker Via Ferrata Mount Parang M. Rudini.

Untuk mengikuti IATTACON tersebut dikenai biaya Rp 500 ribu untuk mahasiswa, Rp 800 ribu untuk umum, dan Rp 1,5 juta untuk orang asing.

Selain itu juga ada seminar tentang Outdoor Preneur yang menghadirkan para pebisnis wisata petualangan antara lain owner Aftech Yudhi Kurniawan, Travel Photografer & Videographer Barry Kusuma, dan Hendri Agustin owner Merapi Mountain di lapangan Aldiron, Sabtu, 3 Agustus dengan biaya Rp 250 ribu untuk mahasiswa dan Rp 350 ribu untuk umum.

Buat para pecinta motor touring akan disuguhi workshop motor adventure yang menghadirkan keynote di antaranya Jefri Polnaja solo rider yang mengelingi dunia dengan menggunakan motor, atau Stepen Langitan yang melakukan perjalanan solo rider dari Jakarta menuju London untuk memperkenalkan Indonesia.

“Bintang tamunya Alex Cachon solo rider yang mengelilingi dunia dengan motor. Untuk pecinta fotografi alam liar kami hadirkan Rizal Marlon, dan beberapa tokoh nasional yang memiliki pengalaman fotografi alam liar yang akan memberikan edukasi secara pengalaman dan tehnikal,” terang Anggara.

Aneka permainan adventure juga akan meramaikan IIOutFest 2019 yang memasang tiket masuk Rp 25 ribu per orang plus asuransi keselamatan Rp 2 ribu per orang ini.

Ada lebih dari 20 spot adventure yang bisa dinikmati seluruh pengunjung antara lain motor adventure, panjat dinding, boulder, archery, stand up paddle, kayak, lempar pisau, lempar kapak hingga ground handling menerbangkan gantole, dan paralayang.

Tersedia pula berbagai area permainan yang dapat diikuti oleh anak-anak dengan bimbingan orangtua.

Seluruh permainan dilengkapi dengan sarana safety dan trainer yang memiliki sertifikasi keahlian dibidang masing masing.

Aneka produk baik lokal (50%) maupun impor (50%) akan tetap dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan perlengkapan adventure berkualitas.

“Soal diskon produk, tahun ini kami bekerjasama dengan Bank BCA untuk memberikan aneka penawaran menarik terkait aneka produk adventure. Berapa besar diskonnya, tergantung brand-nya yang akan diinformasikan lewat medsos-nya masing-masing,” jelas Anggara.

Pengunjung juga bisa menikmati hiburan dalam program Musik Camp yang akan menjadi sarana gathering dari berbagai komunitas, seperti komunitas motor, pendaki gunung, sepeda, dan sebagainya.

"Music Camp akan diramaikan beberapa musisi antara lain Danilla, Nugie, dan Budi Cilok," ungkap Anggara seraya menambahkan IIOutFest 2019 ini akan diikuti 150 exhibitor dan 100 komunitas dengan menargetkan 80 ribu pengunjung.

Asdep Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan menilai positif penyelenggaraan IATTACON dan IIOutFest 2019 ini untuk memperlihatkan eksistensi kegiatan wisata petualangan didalam memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia.

"Mudah-mudahan terlaksana dengan baik dan maksimal dan bermanfaat edukasinya. Karena itu saya mengajak stakeholders terutama para pelaku bisnis wisata petualangan untuk mendukung IIOutFest 2019 ini," imbuhnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Asdep Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan memberi sambutan sekaligus membuka acara Press Conference IATTACON & IIOutFest 2019 di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Senin (22/7).
2. Para pembicara saat jumpa pers.
3. Para pembicara berfoto bersama usai jumpa pers.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP