. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 21 Juli 2019

Biar Promosi Pariwisata Daerah Anda di CFD Jakarta Lebih Keren, Ikuti 11 Kiat Ini

Promosi pariwisata di ruang publik (public area) apalagi di kota yang menjadi target pasar seperti di Car Free Day (CFD) Jakarta, merupakan salah salah langkah yang tepat, sebab itu bukan promosi 'jeruk makan jeruk'.

Langkah itu belakangan ini diminati sejumlah daerah di Tanah Air, salah satunya Kalimantan Selatan (Kalsel) yang baru saja sukses menggelar acara Festival Banjar 2019 di CFD, kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (21/7/2019) pagi.

Nah, jika daerah Anda juga ingin mengikuti jejak Kalsel dan bahkan promosinya jauh lebih keren, berikut ini TravelPlus Indonesia berikan 11 (sebelas) kiat yang mungkin bisa Anda terapkan.

Lebih keren disini bukan cuma sukses acaranya (menarik dan berkesan), pun mampu menjaring minat pengunjung untuk berwisata ke sejumlah destinasi wisata dan iven yang dipromosikan.

Kiat pertama, buat jumpa pers minimal 1 minggu sebelum pelaksanaan dengan mengundang sejumlah jurnalis/blogger pariwisata. Jumpa pers-nya tentu diadakan di Jakarta.

Jurnalis/blogger pariwisata yang diundang tentu yang benar-benar loyal dan kreatif menulis pariwisata.

Kedua, buat akun Instagram (IG) sesuai nama acara. Misalnya @festivalwisata2020. Lalu sebarluaskan info acara di akun IG tersebut dan akun medsos lainnya seperti FB & Twitter.

Jangan lupa buatkan juga hastag-nya misalnya: #festivalwisata2020 #festivalwisata2020cfdjakarta #pariwisataprovinsiku, dll.

Ketiga, buat bahan promosi lainnya seperti flyer (sebar/tempel di tempat strategis dan ramai; umbul-umbul & spanduk dipasang di titik2 strategis dan sekitar lokasi acara serta backdrop besar dan standing banner di panggung utama dan panggung pendukung.

Keempat, saat acara tak cukup bagikan bahan promosi seperti leaflet atau flyer informasi objek-objek wisata tapi juga brosur paket-paket wisata berikut harga, nama/kontak travel agent, car rental, akomodasi, rumah makan, dan toko oleh-oleh.

Kenapa? Karena informasi itulah yang justru amat dibutuhkan wisatawan. Apalagi kalau ada paket tur promo dengan memberikan diskon dan lainnya.

Kelima, buat lomba foto terkait acara di CFD Jakarta buat umum dengan persyaratan tertentu, misalnya mengikuti IG @festivalwisata2020 dan me-nge-tag ke akun tersebut serta mencantumkan sederet hastag sebagaimana tersebut di atas.

Keenam, kemasan acaranya harus spektakuler, kreatif, beda, dan berkesan. Suguhkan sekurangnya acara parade/pawai, bazar kuliner, dan panggung seni-budaya serta hiburan menarik.

Ketujuh, mengundang kembali sejumlah sejumlah jurnalis/blogger pariwisata untuk meliput acara tersebut agar ter-cover luas.

Kedelapan, mengundang sejumlah travel agent di Jakarta, komunitas traveler/backpacker/kuliner/fotografer/ peminat sport tourism, dll. (Jadi jangan cuma promosi di tempat yang bukan area public, apalagi hanya mengundang sejumlah tokoh atau orang-orang daerah Anda yang ada/tinggal di Jabodetabek, itu namanya promosi 'jeruk makan jeruk').

Kesembilan, bikin lomba foto, video instagram (vidgram), dan tulisan khusus jurnalis/blogger hasil liputan acara tersebut.

Pemenangnya (juara 1, 2, 3 baik untuk fotografer maupun jurnalis/blogger) selain mendapat hadiah uang/barang juga diundang untuk meliput pariwisata daerah Anda (semua biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, dll ditanggung pihak daerah Anda sebagai pihak pengundang).

Kesepuluh, menghadirkan public figure (penyanyi/band) tersohor dan atau yang lagi booming namanya untuk menghibur pengunjung.

Terakhir atau kesebelas, buat acara andalan, misalnya pemecahan rekor MURI terkait kuliner, jumlah penari, dll yang bernilai berita tinggi.

Jika saja 11 kiat tersebut diterapkan, TravelPlus Indonesia yakin promosi pariwisata daerah Anda di CFD Jakarta benar-benar jadi lebih keren.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Standing banner dan penampil berkostum parade dalam Festival Banjar 2019 di CFD Jakarta, Minggu (21/7/2019) pagi.
2. Salah satu suguhan tarian tradisional dayak di Festival Banjar 2019.
3. Penampil kostum parade di Festival Banjar 2019 di CFD Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP