. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 26 Juli 2019

12 Info Terkait Festival Permainan Tradisional Anak 2019 yang Digelar BPNB Aceh Besok

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh kembali menggelar culture event bertajuk Festival Permainan Tradisional Anak (FPTA).

Iven budaya tahunan itu bakal diadakan di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, besok, Sabtu 27 Juli 2019.

Berdasarkan siaran pers yang dikirim Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti kepada TravelPlus Indonesia via WA, Jumat (26/7), tercatat ada 12 info terkait FPTA 2019.

Pertama, FPTA se-Kota Banda Aceh ini bakal diikuti 540 pelajar Sekolah Dasar dari 9 kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh.

Kedua, ada 6 permainan tradisional anak yang difestivalkan tahun ini yaitu Tarek Situek Massal, Geunteut (Engrang), Ingke (Engklek), Galah (Hadang), Tarek Talo (Tarik Tambang), dan Catoe Rimueng (Catur Aceh).

Ketiga, di lokasi yang sama juga akan diadakan workshop Geulayang (Layangan), Gaseng (gasing), dan Seurembang (keong).

Keempat, FPTA 2019 merupakan iven ke-10 (sepuluh) yang berturut-turut dilaksanakan oleh BPNB Aceh setiap tahun.

Kelima, tahun ini FPTA mengusung tema “Kreatif & Rekreaktif”.

Keenam, FPTA tahun ini terbilang istimewa karena masuk dalam 100 Calendar of Events (CoE) Aceh 2019.

Ketujuh, pembukaan FPTA 2019 rencananya akan dibuka oleh Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman.

Kedelapan, FPTA adalah bentuk komitmen BPNB Aceh Sebagai UPT Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk terus melestarikan permainan tradisional dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai permainan tradisional di daerahnya.

Kesembilan, melalui FPTA ini anak-anak diantar memahami dan menemukan substansi nilai gotong royong. Nilai-nilai itulah pondasi yang kokoh bagi pembentukan karakter. Lewat FPTA ini menjadi perhelatan bagi anak-anak untuk mengenal bangsanya.

Kesepuluh, peserta FPTA 2019  yang bertanding mewakili kecamatannya masing-masing. Menurut Irini ini sesuai dengan arahan Direktur Jenderal Kebudayaaan Kemendikbud RI untuk menyukseskan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 di bulan Oktober nanti, maka seleksi dilakukan dari tingkat daerah.

Kesebelas, FPTA 2019 terselenggara atas kerjasama BPNB Aceh dengan Pemerintah Kota Banda Aceh dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Provinsi Aceh.

Info terakhir atau keduabelas yang tentunya paling menyenangkan bagi peserta, BPNB Aceh selaku penyelenggara menyediakan trofi dan dana pembinaan sebesar 44 juta rupiah bagi para pemenang dan juga door prize dengan hadiah menarik bagi para peserta yang diundi pada saat acara berlangsung.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.bpnb aceh

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP