. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 04 Juni 2019

Ini Jagoan Utama Destinasi Aceh, Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang & Aceh Tengah Spesial Lebaran

Provinsi Aceh dan beberapa kota serta kabupatennya, masing-masing punya jagoan utama destinasi khusus edisi Lebaran 2019.

Dimulai dari Provinsi Aceh yang menempatkan Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasinya, sebagaimana diunggah di akun Instagram (IG) @genpi_aceh.

Selanjutkan diurutan 2 sampai 10 terpilih Museum Tsunami juga di Banda Aceh, Pantai Lampuuk (Aceh Besar), Pantai Iboih (Sabang), Kilometer Nol Indonesia (Sabang), Hutan Mangrove (Langsa), Taman Bunga Celola (Aceh Jaya), Danau Lut Tawar (Aceh Tengah), Tuan Tapa (Aceh Selatan), dan Pantai Ujong Blang di Lhokseumawee.

Sama seperti Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh pun menjadikan Masjid Raya Baiturrahman sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasinya.

Berikutnya diposisi 2 sampai 10 terpilih Museum Tsunami Aceh, Taman Bustanussalatin, PLTD Apung, Taman Sari Gunongan, Pantai Ulee Lheue, Masjid Agung Al-Makmur, Museum Aceh, Kapal di Atas Rumah, dan Makam Syiah Kuala.

Pemilihan Masjid Raya Baiturrahman sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasi baik di tingkat Provinsi Aceh maupun Ibukota Provinsi Aceh, TravelPlus Indonesia nilai juga amat tepat.

Alasan utamanya karena amat selaras dengan gelar yang disandang Aceh sebagai salah satu destinasi halal terbaik di Indonesia.

Masjid Raya Baiturrahman menjadi landmark atau ikon wisata religi bukan cuma buat Banda Aceh, pun Aceh secara keseluruhan, yang sampai saat ini belum tergantikan dengan bangunan lain.

Alasan penguatnya, Masjid Raya Baiturrahman punya sejarah panjang.

Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda di abad ke-16 tepatnya tahun 1612. Namun ada juga yang mengatakan kalau Masjid Raya Baiturrahman didirikan oleh Sultan Alauddin Johan Mahmudsyah tahun 1292.

Masjid di jantung Banda Aceh ini pun bukan semata simbol agama, pun budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.

Menariknya lagi, paras masjid ini sejak 13 Mei 2017 terlihat lebih indah bak Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi ini.

Ada payung-payung elektrik menggantikan hamparan rumput hijau yang dulu tumbuh di pekarangan masjid.

Selain itu, ada kolam persegi panjang di depan masjid yang meneduhkan.

Masjid ini pun menjadi salah satu bangunan penyelamat warga Banda Aceh dari gelombang tsunami setinggi 21 meter yang menghantam pesisir Banda Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

Menilik sederet alasan utama dan penguat itu, sepertinya tidak terbantahkan lagi kalau Masjid Raya Baiturrahman memang pantas menyandang predikat jagoan utama destinasi bukan cuma bagi Kota Banda Aceh, pun Provinsi Aceh.

Lain lagi dengan Kabupaten Aceh Besar yang memilih Pantai Lampuuk sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasinya.

Di ranking 2 sampai 10 terpilih Pantai Lhokseudu, Gampong Nusa, Masjid Thuha Indrapuri, Taman Rusa, Jambo Rujak U Groh Indrapuri, Rumoh Cut Nyak Dhien, Pantai Lhok Mee, Tahura Saree, dan Kebun Kurma Barbatee.

Sementara Kota Sabang mantap memposisikan Kilometer Nol Indonesia sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasinya.

Di tempat kedua hingga kesepuluh, ada Pantai Iboih, Sunset Sabang Fair, Pulau Rubiah, Pantai Pasir Putih, Pantai Anoi Itam, Menara Merah Putih, Gua Sarang, Benteng Jepang, dan Pantai Gapang.

Lain halnya dengan Kabupaten Aceh Tengah yang memastikan Danau Lut Tawar sebagai jagoan andalan utama dari 10 Top Destinasinya khusus edisi libur Lebaran tahun ini, sebagaimana unggahan IG @wisata_gayo.

Di urutan 2 sampai 10, destinasi yang terpilih adalah Pantan Terong, Bur Telege, Ujung Paking, Goa Putri Pukes, Ujung Nunang, Pante Menye, Arung Jeram, Dermaga Nosar, dan Bur Rintis.

Nah, buat wisatawan yang ingin berwisata ke Tanah Rencong saat libur Lebaran tahun ini, sepertinya 10 Top Destinasi di Aceh, Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, dan Aceh Tengah itu patut disambangi satu per satu.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh sebagai jagoan utama dari 10 Top Destinasi Provinsi Aceh dan Kota Banda Aceh edisi libur Lebaran 2019.
2. Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh
3. Perahu di Atas Rumah salah satu objek wisata tsunami di Banda Aceh.
4. Masjid Raya Baiturrahman punya sejarah panjang.
5. Menikmati sunset Pantai Lampuuk, Aceh Besar.
6. Kilometer Nol Indonesia di Sabang. (dok.disbudpar sabang)
7. Sepenggal pesona Danau Lut Tawar di Aceh Tengah.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP