. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 30 Maret 2019

Monas dan 12 Monumen Ikonik Dunia Lainnya Ikut Earth Hour 2019

Tugu Monumen Nasional (Monas), salah satu simbol Kota Jakarta sekaligus monumen ikonik kebanggaan Indonesia yang sudah mendunia namanya, turut ambil bagian dalam gerakan Earth Hour 2019 dengan memadamkan lampu listriknya, Sabtu (30/3) malam selama satu jam.

Hal itu pun dilakukan oleh belasan area dan monumen ikonik di mancanegara lainya seperti Menara Eiffel di Prancis, Empire State Building (AS), Piramida Giza (Mesir), Colosseum (Italia), Big Ben (Inggris), dan Acropolis ( Yunani).

Selain itu Gedung Opera Sydney di Australia, Istana Kremlin (Rusia), Burj Khalifa (Dubai), Grand Palace (Thailand), Victoria Harbour (Hong Kong), dan Shanghai Tower di China.

Dalam gerakan Earth Hour 2019 itu selain Tugu Monas, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga kembali memadamkan lampu listrik di sejumlah titik simbol Kota Jakarta lainnya seperti Gedung Balaikota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Patung Arjuna Wijaya, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Patung Pemuda, Patung Pahlawan (Tugu Tani), dan Patung Jenderal Soedirman sebagaimana aksi serupa tahun lalu.

Semua ikon Kota Jakarta dan dunia itu dipadamkan lampu listriknya serentak pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

"Terima kasih kepada teman-teman yang telah turut ambil dalam bagian dalam gerakan semesta di rumah masing-masing," tulis Anies di akun Instagram (IG)-nya @aniesbaswedan.

Di akunnya Anies membagikan 9 foto simbol-simbol kota Jakarta yang dimatikan lampu listriknya semalam, termasuk foto Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno (GBK) yang baru-baru ini ngehits.

Saat TravelPlus Indonesia menulis berita ini, unggahan itu sudah disukai 45.000 lebih warganet dengan 244 komentar.

"Alhamdulillah Pemprov DKI turut partisipasi Earth Hour. Tapi Jakarta masih terlalu terang semalam, apakah kurang himbauan fan sosialisasi pak?" tanya pemilik akun @badiubaidillah.

Begitupun kata si-empunya akun @erik_srg. "Tapi sayang pa gedung2 sepanjang sudirman banyak yg ga ikut partisipasi, kami dr komunitas sepeda malam ini menunggu moment padamnya sekitar bunderan HI, masih banyak yg menyala... next kedepan gedung2 sepanjang sudirman sampai thamrin ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Ada yang komentar begini: "Maaf aku ga ikutan soalnya tadi nonton debat," kata @nadyazahya.

Sementara @m.fauzabfahmi berujar: "Gubernur rasa presiden". Sedangkan @maghfurz berucap: "Rasanya pengen tinggal di Jakarta lagi".

Lain lagi dengan pemilik akun @isyanacomel96. Dia berkomentar begini: "Pindah jadi gubernur Jawa Timur mau ga pak..?? Ngefans sekali sama pak Anies, semoga sehat selalu dalam lindungan Allah ya pak...".

Pada Earth Hour tahun lalu, Pemprov DKI Jakarta juga mematikan 7 simbol  ikonnya tersebut.

Kata Anies ketika itu dalam waktu satu jam melakukan pemadaman listrik di berbagai titik, Jakarta berhasil menghemat konsumsi listrik hingga 169,99 megawatt (MW) atau 170 MW kalau dibulatkan. Angka itu setara dengan penghematan secara materiil hingga Rp 249 juta.

Kata Anies lagi, berdasarkan perhitungan dari World Wildlife Fund for Nature (WWF), pelaksanaan Earth Hour bisa menghemat energi listrik sebesar 30 persen.

Anies berharap, ke depannya kesadaran masyarakat terhadap penghematan dan efisiensi listrik dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Momen mematikan lampu selama satu jam merupakan salah satu usaha mencegah bumi dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Tahun ini, gerakan Earth Hour kabarnya dikuti sebanyak 7.000 kota di 180 negara, berikut belasan area dan monumen ikonik di seluruh dunia termasuk Monas.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @aniesbaswedan

Captions:
1. Kawasan Tugu Monas dipadamkan lampu listriknya semalam pukul 20.30-21.30 WIB dalam rangka ikut berpartisipasi dalam gerakan Earth Hour 2019.
2. Gedung pemprov DKI Jakarta juga dimatikan lampu listriknya semalam.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP