. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 29 Maret 2019

Jalur Pendakian Sembalun dan Senaru Gunung Rinjani Masih Ditutup, Ini Alasannya

Kegiatan pendakian ke puncak Gunung Rinjani baik lewat jalur Sembalun maupun Senaru masih ditutup.

Penutupan kedua jalur pendakian paling popular di gunung aktif di Lombok, NTB itu berdasarkan kesepakatan tim survei dan lainnya dalam rapat yang dipimpin Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Ir. Sudiyono, M.Si di Kantor Balai TNGR, Rabu (27/3/2019).

Tim survei terdiri dari unsur TNGR, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Trakking Orgnizer (TO), ahli dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Dinas Pariwisata NTB, Basarnas Mataram, dan unsur TNI.

Mereka berangkat Sabtu, 16 Maret pagi, terbagi dua tim, sebagian menjajal jalur Sembalun dan tim lainnya ke Senaru.

Dalam surat rumusan rapat yang ditandatangani Sudiyono, dijelaskan alasan penutupan jalur pendakian lewat Sembalun dan Senaru tersebut mengingat masih terjadinya gerakan tanah dan gempa.

Alasan lain, berdasarkan hasil tim survei di jalur Sembalun, kondisinya sampai Pelawangan Sembalun terjadi kerusakan di 14 titik, 3 di antaranya rusak berat sehingga tim membuat 2 jalur alternatif.

Sebagian besar lereng menuju Puncak Rinjani pun longsor serta menutup Mata Air Pelawangan dan Mata Air Sambor.

Satu lagi, sebagian besar Pelawangan Sembalun rusak berat.

Sedangkan hasil evaluasi yang dilakukan PVMBG pada saat survei, telah terjadi gempa 161 tektonik lokal dan 9 kali tektonik lokal MMI II-IV serta gempa vulkanik.

Untuk jalur dari Pos 4 Bukit Penyesalan menuju Pelawangan Sembalun terputus dan sangat berbahaya jika dilalui akibat jalan yang tidak stabil.

Berdasarkan hasil tim survei di jalur Senaru, kondisi jalurnya relatif baik, hanya ditemukan retakan di Pos II dan pohon tumbang mulai dari KM 0,5 hingga sebelum Pos III.

Namun jalur menuju Danau Segara Anakan terputus dan tidak dapat dilewati.

Selain menutup sementara kedua jalur pendakian Sembalun maupun Senaru, dalam surat yang diunggah di akun Instagram (IG) @himpalarinjani tersebut, disepakati pula akan dilakukan survei kembali guna memastikan kelayakan jalur untuk aktivitas pendakian.

Jalur yang ada saat ini berada di daerah rawan pergerakan tanah sehingga perlu dipindahkan melalui daerah yang relatif aman.

Kesepakatan lain, pendakian melalui pintu masuk Sembalun harus memiliki jalur alternatif sebagai upaya antisipasi bencana yang terjadi.

Demikian juga jalur Senaru menuju Danau Segara Anak, masih terjal dan berisiko.

“Kesimpulannya, kami belum bisa buka jalur pendakian Sembalun dan Senaru April ini mengingat jalurnya masih berbahaya. Kami belum bisa putuskan kapan dibuka sampai dilakukan survei berikutnya,” kata Sudiyono sebagaimana dikutip Suara NTB.

Sebelumnya TNGR sempat memastikan akan membuka jalur Rinjani pada April mendatang, seraya melakukan penataan.

Empat jalur yang siap dibuka itu lewat Sembalun, Senaru Timbanuh, dan Aik Berik. Tapi ternyata dari hasil survei Sembalun dan Senaru, kondisi kedua jalur favorit pendaki ke Puncak Rinjani itu belum memungkinkan untuk dibuka sebagaimana hasil kesepakatan rapat gabungan tersebut.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. @himpalarinjani

Captions:
1. Pendakian Gunung Rinjani sebelum terjadi gempa.
2. Surat rumusan rapat gabungan hasil survei jalur pendakian Sembalun dan Senaru.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP