. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 22 Maret 2019

Inilah 10 Top Events Aceh 2019, Catat Tempat dan Tanggalnya Ya...

Calendar of Events (CoE) Aceh 2019 yang berjumlah 100 even sudah diluncurkan secara resmi di Jakarta. Sepuluh (10) di antaranya merupakan Top Events, sisanya sebanyak 90 even merupakan even unggulan.

Ke-10 Top Events Aceh 2019 tersebut adalah Festival Ramadhan yang akan berlangsung di Banda Aceh tanggal 12 - 18 Mei; Kemah Wisata (Simeulue, 20 - 23 Juni); Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 5 - 7 Juli); Pulau Banyak International Festival (Aceh Singkil, 23 - 27 Juli); dan Banda Aceh Coffee Festival (Banda Aceh, 1 - 3 Agustus).

Selanjutnya Festival Danau Lut Tawar (Aceh Tengah, 2 - 4 Agustus); Saman Gayo Alas Festival (Gayo Lues, 18-19 Agustus); Aceh International Rapa'i Festival (Bireuen, 24 - 27 Agustus); Aceh International Diving Festival (Sabang, 6 - 7 Oktober) dan Alas Rafting Internatinal Championship yang akan berlangsung di Aceh Tenggara, 28 Oktober mendatang.

Menariknya dari 10 Top Events Aceh tahun ini, ada 3 even yang  berhasil masuk dalam 100 CoE Wonderful Indonesia 2019 Kemenpar yakni Aceh Culinary Festival 2019 yang akan berlangsung di Banda Aceh tanggal 5-7 Juli 2019;, Saman Gayo Alas Festival (Blangkejeren, 18 Agustus 2019); dan Aceh International Diving Festival yang akan bertemt di Sabang, 6-7 Oktober mendatang.

Peluncuran CoE Aceh 2019 yang mengusung tema “Aceh Hebat melalui Ragam Pesona Wisata 2019” secara resmi dilakukan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya didampingi Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/3) malam.

Menurut Arief Yahya yang memakai Kupiah Meukeutop di kepalanya sebagai salah satu ikon ciri khas Aceh, peluncuran kalender wisata tersebut menunjukkan komitmen kepala daerah di Aceh yang ingin menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam meningkatkan perekonomian daerah dan mensejahterakan masyarakat.

"Khusus tiga even Aceh yang masuk 100 CoE Wonderful Indonesia 2019 harus digarap minimal berskala nasional, baik itu arransemen musiknya, penata tari atau koreografernya, dan penata busananya," pesannya.

Sementara Nova Iriansyah menjelaskan kalau Launching CoE Aceh 2019 ini bertujuan untuk memperkenalkan ragam daya tarik wisata dan keunikan atraksi daerah kepada wisatawan.

"Tentunya sekaligus untuk  menarik minat wisatawan berkunjung ke Aceh. Sehingga nantinya diharapkan dapat membangun semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten/Kota dalam memperkenalkan daerahnya masing-masing sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman, dan halal bagi setiap wisatawan," jelas Nova yang juga mengenakan Kupiah Meukeutop dengan corak dan warna berbeda.

Nova menambahkan kalau Aceh saat ini tengah menuju sebagai destinasi halal dunia atau sebagai world best halal destination. "Dengan ditetapkan menjadi destinasi halal kelas dunia akan mendorong meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Aceh," ungkapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin mengatakan COE Aceh 2019 dikemas dengan unik dan menarik serta bernuansa wisata halal.

Mengenai target kunjungan wisatawan, tahun ini Pemerintah Aceh melalui Disbudpar menargetkan angka kunjungan wisatawan nusantara di Aceh sebanyak 3 juta jiwa dan wisatawan mancanegara 150 ribu orang.

"Khusus untuk kunjungan wisatawan muslim ke Aceh, diharapkan akan meningkat dari 35 ribu pada 2018 menjadi 40 ribu pada 2019," terang Jamaluddin.

Mengenai pemasaran CoE 2019 dan destinasi pariwisata Aceh, Jamaluddin mengatakan akan terus dilakukan dengan mengadopsi strategi B.A.S. (branding, advertising, dan selling) dengan tetap mengedepankan prinsip pelestarian lingkungan dan penguatan nilai-nilai budaya Aceh yang Islami.

Malam peluncuran Kalender Wisata Aceh 2019 ditandai dengan penyematan Kerawang Gayo oleh Nova kepada Arief Yahya.

Acara diramaikan dengan  dengan penampilan Tari Ratoh Jaroe Sanggar Rumoh Budaya dan Pembacaan Puisi oleh seniman Fikar W Eda serta suguhan aneka masakan khas Tanah Rencong seperti Mie Aceh, Nasi Gurih, Sie Rueboh, Kue Timphan, dan minuman Es Timun Kerok.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Penyematan Kerawang Gayo oleh Nova kepada Arief Yahya menandai acara Launching Calendar of Events (CoE) Aceh 2019 yang berjumlah 100 even di Jakarta.
2. Berfoto bersama usai meluncurkan CoE Aceh 2019.
3. Photo booth CoE Aceh 2019.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP