. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 03 Desember 2018

JAFF, Festival Film Paling Menyenangkan di Dunia

Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) dinilai sejumlah kritikus sebagai salah satu festival film paling menyenangkan di dunia.

"Penilaian itu datang dari para kritikus, kira-kira dua tahun lalu," ujar Garin Nugroho (57) kepada TravelPlus Indonesia disela-sela menghadiri salah satu filmnya yang diputar dalam JAFF 2018 di Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru-baru ini.

Menurut sutradara bereputasi dunia sekaligus salah satu pendiri JAFF ini, membangun festival yang mewah, gemerlap, dan besar itu gampang.

"Tinggal siapkan uang saja yang banyak. Tapi membangun festival yang tumbuh dari masyarakat atau komunitas dan partisipasi pengamat Asia dan dunia sebagaimana JAFF ini, itu sangat sulit," ungkap Garin.

JAFF tahun ini, lanjutnya sudah penyelenggaraan yang ke-13. "Jadi boleh dibilang festival film yang sudah punya karakter dan support system tersendiri," tambahnya.

Alasan venue pembukaan dan pameran JAFF 2018 berlokasi di  Jogja National Museum (JNM), Garin menjelaskan karena festival film kali ini butuh ruang-ruang pameran untuk memberikan support dan  apresiasi kepada filmmaker (pembuat film) entah itu tim artistik, pemain, sutradara, dan lainnya untuk mempresentrasikan proses kerja mereka.

"Nah kebetulan di JNM, kita punya ruang bersama untuk itu. Tapi untuk JAFF tahun depan akan kita kaji kembali apakah masih di sini atau ada pilihan venue lain," terangnya.

Terkait usulan dari pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang turut mendukung event ini agar JAFF berikutnya juga digelar di destinasi digital yang ada di DIY, Garin menyambut baik mengingat DIY sudah menjadi pusat industri, di luar Jakarta.

"Buktinya banyak pembuat film bekerja disini, ditambah komunitas-komunitas film, dan  studio-studio kecil tumbuh subur serta sebuah kampung besar proses kreatif digital sinema," jelas Garin.

Di JAFF 2018 yang mengusung tema 'Disruption', ada program khusus Garin yang diberi label Focus On Garin Nugroho.

Dalam program itu selain memutarkan sejumlah film-film art khas Garin, juga ada diskusi.

Film-film garapan Garin yang diputar antara lain Cinta Dalam Sepotong Roti, Surat Untuk Bidadari, Opera Jawa, dan Kucumbu Tubuh Indahku.

Cinta Dalam Sepotong Roti dirilis tahun (1990) merupakan Film Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 1991.  Sedangkan Surat Untuk Bidadari (1992) yang melambungkan namanya ke panggung film internasional.

Sementara Opera Jawa produksi tahun 2006 merupakan film karya Garis khusus untuk perayaan 250 tahun Mozart.

Garin terpilih menjadi salah satu dari enam innovative directors dunia untuk membuat film yang kemudian melahirkan Opera Jawa.

Menariknya lagi, Kucumbu Tubuh Indahku merupakan film terbaru Garin yang akan diputar pada hari terakhir JAFF 2018, 4 Desember.

Dalam sebuah diskusi bertajuk ''Learning to Produce Masterpiece from Successful Indonesian Director'', Garin mengatakan setiap melakukan  perjalanan, dia senantiasa membuka hati, mata, dan telinga untuk menemukan ide-ide baru.

Kata dia ide itu ada dimana-mana. "Makanya pembuat film haruslah kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan traveler,'' ungkapnya.

Bagi Garin menemukan ide dan membuat struktur manajemen adalah hal penting dalam membuat film. "Namun, yang tak kalah penting adalah hati yang terbuka," ujarnya.

Soal kriteria suksesnya sebuah film, Garin berpendapat bisa sukses secara ekonomi dan bisa pula karena sesuai estetika.

"Sukses sebuah film itu bisa diukur dari macam-macam, tidak selalu diukur dari jumlah penontonnya. Sebab penonton tidak cuma ada di bioskop," pungkasnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Garin Nugroho di bioskop yang memutar salah satu filmnya dalam JAFF 2018 di Jogja.
2. Tiket nonton salah satu film Garin yang diputar dalam JAFF ke-13.
3. Garin Nugroho bersama president JAFF 2018 Budi Irawanto saat tanya jawab usai pemutaran film Opera Jawa.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP