. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 06 Desember 2018

Dapat Gelar Sutradara Pilihan Tempo 2018, Garin Bilang Ini Buat Cucu

Garin Nugroho menyabet penghargaan sebagai Sutradara Pilihan Tempo 2018 lewat film garapannya Kucumbu Tubuh Indahku dalam ajang Festival Film Tempo (FFT).

"Tak terduga juga dapat penghargaan ini. Penghargaan ini tentu saja untuk anak, istri saya, dan yang paling penting adalah untuk cucu saya," ujar Garin di atas panggung penghargaan sambil membawa cucunya sebagaimana termuat dalam sepenggal video yang diunggahnya di akun Instagram (IG)-nya @garin_film di Jakarta,  Kamis (6/12).

Di ajang FFT ini, film Kucumbu Tubuh Indahku juga terpilih menjadi Film Pilihan Tempo 2018.

Film berdurasi 105 menit yang dibintangi antara lain Muhammad Khan, Raditya Evandra, Rianto, Randy Pangalila, dan Whani Darmawan ini bercerita tentang kehidupan seorang penari tradisional lengger bernama Juno.

Garin mengaku terinspirasi oleh Rianto, mantan penari lengger yang menjajak tingkat kaliber internasional dan menetap di Tokyo.

Sebelumnya film Kucumbu Tubuh Indahku sudah meraih beberapa penghargaan bertaraf internasional di antaranya Penghargaan 'Bisato D'Oro Award 2018 dari Venesia Film Independen Kritik pada awal bulan September; Film Terbaik pada Festival Des 3 Benua (3 Continent Film Festival) di Nantes, Perancis pada bulan November lalu; dan Penghargaan Keanekaragaman Budaya (Cultural Diversity Award) di bawah perlindungan UNESCO pada perhelatan Asia Pasific Screen Awards (APSA) ke-12 di Brisbane, Australia.

Penghargaan dari APSA ini diberikan untuk mengeluarkan yang luar biasa untuk promosi dan pelestarian melalui film.

Kabarnya sebagai imbalannya, film berbahasa Indonesia dan Jawa ini akan diputar di UNESCO, Paris, Perancis, menjelang musim gugur mendatang.

Selain itu, film produksi Fourcolours Films ini juga sudah diputar di berbagai festival film internasional seperti Festival Film Venesia Yaitu Le Bienalle, Festival Film Internasional Busan, Festival Film Adeleide, dan Festival Film Internasional Singapura.

Namun di Indonesia, film ini baru tayang perdana dalam Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 atau yang ke-13 pada Senin (3/12) di Empire XXI Studio A dan Selasa (4/12) di Cinemaxx Lippo Plaza Studio A, Kota Jogja.

Berikut daftar pemenang FFT 2018:
1. Sutradara Pilihan Tempo 2018: Garin Nugroho (film Kucumbu Tubuh Indahku)
2. Film Pilihan Tempo 2018: Kucumbu Tubuh Indahku
3. Pemain Anak Pilihan Tempo 2018: Fatih Unru (Petualangan Menangkap Petir)
4. Aktris Pilihan Tempo 2018: Raihaanun (27 Steps Of May)
5. Aktor Pilihan Tempo 2018: Gading Marten (Love for Sale)
6. Aktris Pendukung Pilihan Tempo 2018: Tutie Kirana (Ave Maryam)
7. Aktor Pendukung Pilihan Tempo 2018: Yayu Unru (Menunggu Pagi)
8. Skenario Pilihan Tempo 2018: Rayya Makarim (film 27 Steps of May)

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Garin Nugroho saat memberi sambutan atas penghargaan yang diterimanya sebagai Sutradara Pilihan Tempo 2018. (foto: dok. vidgram @garin_film)
2. Poster film Kucumbu Tubuh Indahku. (foto: dok.twitter.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP