. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 26 November 2018

Film Berlatar Tsunami Ini Membuka Jogja Netpac Asian Film Festival 2018

Film berlatar tsunami berjudul Umi O Kakeru (The Man from the Sea) terpilih sebagai film pembuka Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018.

Film garapan sutradara asal Jepang Koji Fukada ini akan diputar dalam acara pembukaan JAFF 2018 yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Jogja National  Museum (JNM), Kota Jogja, Selasa (27/11) malam, pukul 19.00 WIB.

Film drama fantasi berdurasi 107 menit ini merupakan hasil kolaborasi antara sineas Negeri Sakura dan Indonesia dengan menggunakan empat bahasa yakni Jepang, Indonesia, Perancis, dan Inggris.

Dalam sebuah kesempatan di Jakarta, Koji menjelaskan cerita film Umi O Kakeru ini fiksi fantasi.

Filmnya berkisah tentang seorang pria misterius yang diperankan aktor Jepang Dean Fujioka.

Pria itu ditemukan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh, Ibukota Provinsi Aceh, dan mengalami hilang ingatan. Kemudian ia diberi nama Laut oleh orang-orang yang menemukannya.

Ia dirawat oleh volunteer pada sebuah NGO pemulihan pasca-bencana bernama Takako.

Bersama kedua anak laki-lakinya Takashi dan Sachiko, kemudian Takako merawat Laut dan membantu menemukan asal-usulnya.

Kata Koji ide cerita film ini terinspirasi usai dia mengunjungi Banda Aceh pada Maret 2011 lalu dalam rangka simposium bertema Joint Disaster Recovery.

"Saya ke Aceh untuk pertama kali tepat setelah gempa besar yang kala itu baru saja terjadi di Jepang," ungkapnya seraya mengaku sangat nyaman dengan suasana Aceh ketika itu.

Akhirnya dia memilih lokasi syuting film ini di Aceh lantaran serupa Jepang, sama-sama pernah dihantam tsunami.

Ketika itu dia terpesona dengan keindahan alam Aceh terutama baharinya.

Oleh sebab itu di film ini, terpapar jelas pesona itu. Namun ia baru sadar, alam yang teramat menawan di satu sisi berkekuatan memusnahkan manusia dan menghancurkan bangunan.

Bertolak dari situ, Koji mulai membangun sebuah kisah drama-fantasi tentang laut lewat  pria bernama Laut.

Selain bintang-bintang dari Jepang antara lain Dean Fujioka dan Mayu Tsuruta, sutradara pemenang Cannes Film Festival ini juga menggandeng aktor/aktris Indonesia antara lain Adipati Dolken dan Sekar Sari.

Film kerja sama antara Nikkatsu (Jepang) dan Kaninga Pictures (Indonesia) ini tayang perdana di Jepang pada awal tahun 2018.

Sementara, di Indonesia tayang pertengahan 2018. Namun sebelumnya akan mengikuti beberapa film festival terlebih dahulu, salah satunya di JAFF 2018 yang mengusung tema 'Disruption' ini.

Guna mewujudkan misi memperkenalkan sinema Asia ke publik yang lebih luas di Indonesia, panitia JAFF ke-13 ini pun memilih Umi O Kakeru sebagai film pembuka.

Di akun resmi Instagram JAFF 2018 @jaffjogja dijelaskan pemutaran film The Man from the Sea atau Umi O Kakeru ini terbuka untuk umum dan gratis.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Caption:
1. The Man from the Sea atau Umi O Kakeru menjadi film pembuka Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 yang akan diputar di Jogja National  Museum (JNM), Kota Jogja, Selasa (27/11) malam. (foto: dok. @jaffjogja)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP