. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 16 November 2018

City Tour Bengkulu Plus Festival Kopi, Ah Jadi Sempurna

Keliling objek wisata di Kota Bengkulu lalu ditutup dengan bersantai di perhelatan Festival Kopi di Expo Centre, seberang Pantai Panjang, hemmm... dijamin bikin City Tour Anda berujung sempurna.

Jalan-jalan di ibukota Provinsi Bengkulu, bisa Anda lakukan selepas makan siang di salah satu rumah makan seafood yang ada di kawasan Pantai Panjang. 

Dilanjutkan dengan Shalat Zuhur di Masjid Jamik Bengkulu yg berada di Simpang Jamik.

Masjid tua tersebut merupakan salah satu peninggalan dari presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu.

Selama diasingkan Presiden Soekarno membangun masjid yg kini berstatus benda cagar budaya ini bersama masyarakat sekitar.

Meskipun bagian dalam masjid tersebut tidak terlalu besar, namun terasa teduh sekali.

Usai tunaikan yang wajib, lanjutkan ke Rumah Pengasingan Bung Karno yang semula merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda.

Rumah klasik itu kemudian  disewa oleh Belanda sebagai tempat tinggal Bung Karno selama diasingkan.

Di rumah itulah Bung Karno tinggal selama 4 tahun (1938-  1942). Di dalam rumahnya ada ranjang kamar tidur dan ranjang tidur Bung Karno dan Inggit Garnasih (istri pertama Bung Karno), Sepeda Onthel berwarna hitam yang ditempatkan di dalam kotak kaca, sejumlah foto, dan lainnya.

Untuk masuk dan melihat koleksi rumah yang berstatus cagar budaya ini, Anda cukup membayar Rp 3 ribu per orang.

Lalu beranjak ke Rumah Fatmawati (istri ketiga Bung Karno atau Ibu Negara Pertama Republik Indonesia), di Jalan Fatmawati No 19, Penurunan, Ratu Samban, tak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno.

Rumah yang dibangun pada tahun 1920 ini berbentuk rumah panggung  yang merupakan ciri rumah tradisional masyarakat Sumatera.

Di dalam rumah kayu bercat coklat itu terdapat sejumlah koleksi antara lain mesin jahit dan Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih yang dijahit oleh Fatmawati tanggal 1 Juni 1943, ranjang tidur, dan foto-foto Fatmawati.

Pengunjung yang ingin masuk dan melihat koleksi di rumah tersebut tidak dikenakan tiket masuk, hanya sumbangan seikhlasnya.

Berikutnya ke Fort (Benteng) Marlborough yang terletak di Jalan Ahmad Yani, pesisir pantai Tapak Paderi.

Dari atas benteng yang dibuat pada zaman penjajah bangsa Inggris pada tahun 1713 - 1719, dibawah pimpinan Gubernur Jendral Josef Colin ini, Anda dapat melihat pemandangan kota dan laut Bengkulu yang indah.

Untuk masuk ke benteng berusia 3 abad lebih ini, Anda cukup membeli tiket masuk Rp 5 ribu per orang.

Lepas Shalat Ashar, Anda bisa mampir ke Rumah Batik Canting Emas untuk melihat dan memborong Besurek atau kain batik khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab gundul dan bunga Raflesia sebagai buah tangan.

Setelah memborong Batik Besurek lanjutkan ke Pantai Panjang untuk menikmati pesona baharinya sambil menunggu matahari tenhgelam di batas lautan.

Pantai yang menjadi andalan objek wisata Benhkulu ini mempunyai garis pantai mencapai 7 Km yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Di pantai yang terletak sekitar 4 Km dari pusat Kota Bengkulu ini Anda bisa jalan-jalan dipinggir pantai atau duduk-duduk di cafe tenda sambil minum kelapa ijo dan lainnya.

Kalau Anda mau lari santai bisa di jogging track-nya. Kalau mau berolahraga basket ball, voly ball dan lainnya bisa di Sport Center Bengkulu yang berada di seberang jalan raya.

Mau menginap di sini juga bisa, sebab ada beragam jenis penginapan biasa dengan tarif mulai Rp 100 ribu s/d Rp 250 ribu. Bisa juga hotel berbintang dengan tarif 500 ribu ke atas.

Untuk menikmati pesona Pantai Panjang berikut sunset-nya, Anda tidak dikenai tiket masuk alias gratis, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.

Ba'da Shalat Maghrib, Anda bisa menyantap makan malam di Rumah Makan Pindang atau di warung Sate Madura.

Kalau tak mau yang berat, Anda bisa pilih pempek di warung Pempek 7 Ulu Palembang H. Cek Toni yang berlokasi di Jl. Kapten Tendean No.10, Kelurahan Jembatan Kecil, Simpang Padang Harapan.

Lokasinya dekat DM Hotel 2 dan di seberang rental mobil Pesona Andalas Wisata.

Di warung pempek tersebut, Anda bisa menyantap seporsi Pempek Campur berisi kulit, kapal selam, lenjer dan lainnya yanh berukuran kecil-kecil Rp 30 ribu seporsi.

Menu lainnya Pempek Kapal Selam, Tekwan, Rujak Mie, dan Model dengan  harga masing-masing Rp 15 ribu per porsinya. Minumnya antara lain Es Kacang Merah Rp 13 ribu.

Selepas santap mantap, Anda bisa tutup City Tour dengan menyeruput kopi di Festival Kopi yang diselenggarakan Pemprov Bengkulu dan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Anda bisa menikmati beragam kopi sambil melihat penampilan band lokal yang beraksi di panggung hiburan.

Ada kopi Tubruk Rp 10 ribu, Americano, Ice Coffee, dan Kopi Susu masing-masing Rp 15 ribu. Pilihan lain Late, Capucino, dan Ice Coffee Milenial masing-masing Rp 20 ribu per gelas seperti yang dijual di stand Tman Coffee.

Di stand lainnya Anda bisa membeli bermacam kopi bubuk "Goa Raya" Rp 12 ribu, Rp 30 ribu dan Rp 40 ribu per bungkusnya.

Ada juga kopi sangrai dalam kemasan toples Rp 27 ribu per toplesnya seperti yang dijual di Stand KPHP Bengkulu Utara untuk oleh-oleh.

Festival Kopi yang merupakan bagian dari acara Festival Pesisir Pantai Panjang 2018 ini berlangsung sampai tanggal 19 November, sedangkan event Expo Bengkulu yang berada di satu lokasi, berakhir sampai 20 November.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Hiburan band lokal di Festival Kopi, salah satu acara dalam Festival Pesisir Pantai Panjang 2018 di Bengkulu.
2. Masjid Jamik Bengkulu.
3. Salah satu menu seafood di Rumah Makan Siantar.
4.Rumah pengasingan Bung Karno di Kota Bengkulu.
5. Rumah Ibu Fatmawati.
6. Bagian tengah Benteng Marlborough.
7. Pesona Pantai Panjang.
8. Seporsi Pempek 7 Ulu Palembang H. Cek Toni.
9. Barista menyajikan kopi di Festival Kopi.
10. Aneka kopi bubuk.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP