. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 04 September 2017

Ini Enam Acara Inti Festival Pesona Tanjung Lesung 2017, Dicatat yah

Kangen dengan Festival Pesona Tanjung Lesung? Tenang, festival bahari tahunan di Banten ini bakal digelar tahun ini, tepatnya 22-24 September 2017 di Tanjung Lesung. Kali ini ada enam acara intinya.

Keenam acara inti Festival Pesona Tajung Lesung (FPTL) 2017 adalah MTB XC Marathon, Sunset Trail Run, Rhino X-Triathlon, Pentas Seni & Musik, Kolecer, serta Lomba Bebegig.

MTB XC (Mountain Bike Cross Country) Marathon merupakan lomba sepeda gunung marathon yang akan digelar pada Sabtu (23/9), pukul 8 pagi-2 siang.

Dilanjutkan dengan Sunset Trail Run, yakni lomba lari yang diadakan menjelang matahari tenggelam (sunset) di pantai Tanjung Lesung pada Sabtu (23/9), pukul 3 sore-6 sore.

Esoknya pelaksanaan Rhino Cross Triathlon, yaitu lomba tiga cabang olah raga renang, bersepeda, dan lari marathon sekaligus pada Minggu (24/9) pukul 7 pagi-12 siang.

Lomba cross triathlon pertama di Indonesia ini berhadiah total Rp 150 juta.

Pentas Seni & Musik menampilkan bermacam keseneian khas Banten seperti Tari Rampak Bedug dan pementasan musik tradisional Pandeglang, Amoeba.

Kolecer yakni baling-baling tradisional Sunda yang menimbulkan suara berderit sewaktu tertiup angin.

Baling-baling tersebut terbuat dari kayu dengan buntut lilitan daun pisang kering. Baling-baling itu dipasang dengan batang bambu ukuran kecil sampai besar. Panjang baling-baling Kolecer beragam, dari 0,5 meter sampai 4 meter.

Lomba Bebegig merupakan lomba boneka berbentuk orang-orangan sawah yang biasanya dibuat oleh petani untuk mengusir hama padi yaitu burung pipit dan lainnya.

Orang-orangan sawah dalam Bahasa Sunda disebut Bebegig. Dalam Bahasa Jawa Memedi Sawah alias Hantu Sawah. Orang Jepang menyebutnya Kakashi sedangkan orang Inggris bilang Scarecrow.

Selain itu ada berbagai kegiatan menyenangkan lainnya seperti stand up paddle board, kayak, dan sailing.


Tak ketinggalan bermacam lomba menarik seperti Lomba Hias dan Balap Perahu Jukung, serta Kontes Foto.

Juga ada Bisnis Forum, Seminar SDM Kepariwisataan, Pameran Produk dan Industri Pariwisata Provinsi Banten, Pameran Foto Ikon Banten, Gebyar Paguron, Kemah Wisata, dan Sosialisasi Badak Cula Satu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati baru-baru ini menjelaskan FPTL 2017 yang diselenggarakan atas kerjasama antara Pemprov Banten, Pemkab Pandeglang, Kementrian Pariwisata (Kemenpar), PT Banten West Java TDC, dan seluruh stakeholder pariwisata yang ada di Banten ini bertujuan untuk mendukung Tanjung Lesung sebagai salah satu dari 10 Destinasi Prioritas sekaligus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Eneng Nurcahyati optimis FPTL 2017 yang berlangsung selama 3 hari akan mendatangkan ribuan wisatawan baik lokal, nusantara, maupun mancanegara.

Guna mempromosikan sekaligus menggaungkan festival ini lebih luas, lanjut Eneng akan di-launching di Jakarta, tepatnya di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar, Selasa (5/9) dengan mengundang sejumlah wartawan spesial pariwisata/travel blogger andal.

Launching FPTL 2017 akan dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara-Kemenpar Esthy Rekho Astuty, Gubernur H. Wahidin Halim, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita,  dan Chairman PT Banten West Java TDC Poernomo Siswoprasetijo.

Tanjung Lesung terletak di ujung Barat Pulau Jawa, terpatnya di Tanjung Jata, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Lokasinya menghadap ke Gunung Anak Krakatau dan memiliki garis pantai sepanjang 15 Km.

Di sana wisatawan biasa melakukan berbagai kegiatan bernuansa bahari (water sports) seperti voli pantai dan lainnya atau sekadar berjemur dan menikmati pesona matahari tenggelam.

Tahun lalu, usai menikmati rangkaian acara FPTL, tak sedikit wisatawan yang meluangkan waktu mendatangi Taman Nasional Ujung Kulon, dan objek wisata lain yang ada di sekitaran Tanjung Lesung, Pandeglang. Wisatawan yang berkunjung ke pantai Tanjung Lesung dari Jakarta, biasanya melalui jalan tol Tangerang-Merak.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis)
Foto:  adji & rhinoxtriatlhon

Captions:
1. Acara inti Festival Pesona Tanjung Lesung (FPTL) 2017.
2. Lomba Rhino X-Triatlon salah satu acara utama FPTL 2017 yang berhadiah total Rp 150 juta.
3. Bebegig atau orang-orangan sawah khas Banten bakal ramaikan FPTL 2017.
4 . Lokasi dan peta Tanjung Lesung yang merupakan destinasi prioritas sekaligus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP