. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 23 Agustus 2017

Gagal Ikut Tour Gunung Anak Krakatau LKF 2017? Anda Bisa Trip Mandiri atau Ikut Open Trip

Tidak bisa ikut Tour Gunung Anak Krakatau (25-26/8) yang menjadi salah satu acara inti Lampung Festival Krakatau (LKF) 2017 lantaran pesertanya sudah 150-an orang dan pendaftarannya sudah ditutup? Jangan kecewa apalagi menyerah. Anda bisa tetap ke gunung aktif di perairan Selat Sunda yang cepat meninggi itu, baik secara mandiri ataupun ikut open trip.

Kalau Anda ke Gunung Anak Krakatau (GAK) yang masuk wilayah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung secara mandiri dari Jakarta, Anda bisa naik kereta ke Merak, Banten.

Lalu dari Pelabuhan Merak naik kapal feri ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung selama sekitar 3 jam. Jika Anda berangkat pukul 1 siang dari Merak, kira-kira tiba di Bakauheni pukul 4 sore.

Lanjutkan ke Dermaga Canti sekitar 1 jam dengan ojek sepeda motor. Kemudian perjalanan laut lagi dengan perahu motor reguker ataupun sewa ke Pulau Sebesi. Di Pulau Sebesi, Anda bermalam di homestay.

Pukul 3 pagi harus sudah bagun tidur untuk siap-siap ke GAK. Pukul 4 pagi bergerak menuju GAK dengan kapal motor. Dua jam kemudian, tepatnya pukul 6 pagi tiba di Pantai GAK, langsung menuju kaki GAK, melihat gugusan kepulauan Lamsel beserta gunung-gunung yang ada disekitarnya.

Usai puas menikmati dan mengabadikan pesona alam dari kaki GAK, kembali turun ke pantai GAK, tiba pukul 8 pagi untuk sarapan. Selepas itu ke Pulau Lagoon Cabe dengan menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam.

Di Lagoon Cabe Anda bisa snorkling menikmati alam bawah laut Lamsel.  Di bawah lautnya, Anda bisa eksis bareng bermacam ikan hias nan cantik.

Usai makan siang, kembali ke homestay di Pulau Sebesi atau langsung ke Dermaga Canti.

Akses & Biaya
Ongkos naik kereta api Krakatau dari stasiun Pasar Senen ke Merak Rp 30.000. Bisa juga naik kereta ke Merak dari Stasiun Tanah Abang. Sebaiknya cek tarif ongkos terkini.

Kapal feri kelas ekonomi dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni Rp 13 ribu. Sedangkan ojek dari Pelabuhan Bakauheni ke Dermaga Canti Rp 50 ribu pakai negosiasi.

Pilihan lain sewa angkot kalau dalam kelompok kecil dari Pelabuhan Bakauheni ke Dermaga Canti Rp 300 ribu juga kudu ber-negosiasi. 

Sementara ongkos naik perahu motor reguler dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi Rp 20 ribu. Kalau sewa dari Dermaga Canti ke Pulau Sebesi Rp 1 juta.

Nah kalau tak mau repot, dan Anda tidak berjiwa backpacker/adventurer, Anda bisa mengikuti open trip atau membeli paket tur untuk menjelajahi GAK dan beberapa pulau lainnya.

Biayanya Rp 365.000 sudah termasuk tiket kapal Merak-Bakauheuni PP, kapal jelajah pulau, tiket masuk wisata/pulau/gunung, makan, dan homestay.

Anda tinggal keluarkan biaya tambahan untuk sewa alat snorkling Rp 100.000/dua hari, jajan, atau upgrade kapal feri dari kelas ekonomi ke bisnis/eksekutif.

Lewat open trip/paket tur Anda bisa mengunjungi pulau lainnya seperti Pulau Sebuku Kecil untuk photo hunting, ke Pulau Sebuku Besar untuk snorkeling, dan ke Pulau Umang-umang yang pantainya berpasir putih dan masih bersih.

Dari Pulau Umang-umang, Anda bisa melihat penampakan Gunung Sebesi.

Sekarang banyak operator open trip ke GAK baik di Jabodetabek, Banten, maupun di Lampung sendiri.

Salah satunya Anda bisa menghubungi @cicakadventurelampung, kelompok pecinta alam sekaligus operator open trip di Kalianda, Lamsel.

Perlengkapan yang perlu Anda bawa, antara lain tas ransel, baju ganti sekita dua atau tiga pasang, obat-obatan pribadi, kantung plastik besar untuk pakaian basah/kotor, kamera (jenis apapun untuk dokumentasi), sandal, dan sepatu gunung.

Kalau Anda punya peralatan snorkeling, bawa saja jadi tak perlu menyewa. Jangan lupa juga sunblock, peralatan mandi, botol air minum, jaket, kacamata hitam, dan stop kontak/colokan, dan charger lantaran di Pulau Sebesi listrik hanya dinyalakan pukul 6 sore sampai pukul 6 pagi, serta gunakanlah sim card yang sinyalnya kuat.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & @cicakadventurelampung

Captions:
1. Pantai Gunung Anak Krakatau.
2. Menuju GAK.
3. Peserta Open Trip GAK berfoto bersama.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP