. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 22 Agustus 2017

Di Puncak Perayaan Kemerdekaan RI ke-72 di Bandung, Presiden Jokowi Bakal Pakai Baju dan Kain Batik Sunda

‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan’ yang merupakan puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8) mendatang, akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dikabarkan Orang Nomor satu di RI ini akan mengenakan pakaian adat Sunda, begitupun dengan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Ida Hernida membocorkan sedikit apa yang akan dikenakan Presdien Jokowi di Karnaval Kemerdekaan ketiga yang mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’ini.

“Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Negara rencananya akan mengenakan pakaian adat Sunda,” ujar Ida usai mengikuti jumpa pers terkait penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan tersebut di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Selasa (22/8).

“Pakaian adat Sunda yang akan dikenakan Presiden Jokowi berdesain modern,” tambah Ida.

Artis Olga Lydia yang menjadi salah seorang panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 ini menambahkan pakaian yang akan dikenakan Presiden Jokowi masih tengah disiapkan oleh tim khusus.

“Untuk bajunya ada dua pilihan, putih dan ungu, sesuai kesukaan warna beliau,” ujar Olga.

Begitupun dengan kain sarung batiknya ada dua pilihan motif. “Pertama motif Merak Ngibing salah satu motif  Batik Garutan, khas Garut dan satu lagi motif kombinasi Mega Mendung Cirebonan, Merak, dan lainnya,” tambah Olga.

Sementara busana yang akan dikenakan Ibu Negara Iriana Jokowi, sambung Olga warnanya senada dengan yang akan dipakai Presiden Jokowi. “Ya jadi sepasang pakaian adat Sunda modern,” terangnya.

Sejak Presiden (Jokowi) bikin kejutan kali pertama dengan mengenakan pakaian adat Bugis, Sulsel di Sidang Tahunan MPR di gedung DPR Senayan, Jakarta, kemudian memakai baju adat Banjar, Kalsel di Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Negara Jakarta, menurut Olga  tak bisa dipungkiri publik penasaran ingin tahu apa yang akan dikenakan Presiden Jokowi di momen-momen istimewa lainnya, termasuk di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan  tahun ini.

“Karnaval ini, bisa jadi momen spesial lantaran Pak Jokowi yang berasal dari Solo, Jawa tengah akan mengenakan pakaian adat Sunda, Jawa Barat,  tentunya bakal ramai diberitakan,” terangnya.

Olga berharap, pakaian spesial buat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi yang tengah dipersiapkan oleh tim desainer yang dipimpin perancang busana ternama asal Bandung, Deden Siswanto akan menggaungkan pakaian adat Sunda, sekaligus mengakat budaya dan pariwisata Bandung khususnya dan Jawa Barat umumnya ke tingkat nasional bahkan dunia.

Hadir dalam jumpa pers Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Wakikota Bandung Ridwan Kamil, Presiden/pendiri Jember Fashion Carnaval Dynand Fariz, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman serta Ketua Tim Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 Aat Suratin.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Presiden Jokowi diperkirakan akan hadiri Karnaval Kemerdekaan ketiga di Bandung, Sabtu (26/8).
2. Olga Lydia, salah satu panitia nasional Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2107.
3. Menpar Arief Yahya berfoto bersama usai jumpa pers seraya memegang payung kertas khas Sunda.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP