Kemenpar Dukung Semarak Wisata Ramadhan 2016 Lewat Pertunjukkan Wayang Ajen
Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung rangkaian kegiatan Semarak Wisata Ramadhan 2016 berlangsung selama satu bulan selama bulan suci Ramadhan (6 Juni – 5 Juli 2016) di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) Kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu bentuk dukungannya berupa pertunjukan Wayang Ajen kolosal dengan dalang kondangnya Ki Wawan Ajen alias Wawan Gunawan yang akan tampil pada Sabtu (18/6) malam, ba’da Tarawih.
Terkait dukungan ini, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan kehadiran pertunjukan Wayang Ajen di Semarak Wisata Ramadhan 2016 ini bertujuan mempromosikan salah satu Pesona Indonesia dalam bentuk atraksi wisata religi yang menjadi daya tarik pariwisata.
“Dukungan Kemenpar ini juga untuk mendorong pemerintah daerah bersama stakeholder agar mau serius membangun destinasi wisata religi Indonesia yang berdaya saing tinggi di daerahnya,” jelas Arief Yahya sesuai keterangan tertulis yang Travelplusindonesia terima di Jakarta, Kamis (16/6).
Tujuan lain dukungan ini, lanjut Arief Yahya untuk menemukenali dan memperkenalkan potensi budaya unggulan daerah agar dapat menjadi ikon di daerahnya. Pertunjukkan Wayang Ajen ini juga sekaligus untuk memperkenalkan seni dan budaya tradisional serta wisata religi Indonesia sebagai salah satu upaya khususnya mempromosikan pariwisata di Jawa Barat.
Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar Esthy Reko Astuti menambahkan kegiatan Semarak Wisata Ramadhan 2016 yang didukung Kemenpar ini dimaksudkan untuk mem-branding Pesona Indonesia disamping tentunya menangkap atraksi di Kota Bandung dan sekitarnya.
"Dukungan ini juga dalam rangka memyemarakkan bulan suci Ramadhan, dengan mengangkat kearifan lokal terutama yang bersifat religius. Kita melihat portofolio wisata sejarah dan religi sangat kuat kaitannya," ujar Esthy.
Kegiatan ini, sambung Esthy juga sekaligus memperkuat posisi wisata halal yang tengah menjadi salah satu kekuatan pariwisata dunia. Karena dalam wisata religi juga terkait wisata alam dan budaya. "Semua itu bisa dinikmati oleh siapapun. Tidak hanya untuk muslim, tapi juga non muslim bisa menikmati wisata halal," katanya.
Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal juga menjelaskan penampilan Wayang Ajen Pesona Indonesia di Semarak Wisata Ramadhan 2016 akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri, mengingat Wayang Ajen satu maha karya asli Indonesia yang sudah mendunia reputasinya.
Kolaborasi Wayang Ajen ini, lanjut Raseno menekankan pada tema atraksi wisata untuk sosialisasi branding Pesona Indonesia dan Woderful Indonesia melalui seni pertunjukan yang atraktif dan menarik.
Esty menambahkan lagi bahwa target wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia dengan motif wisata budaya adalah sebesar 12 juta orang dengan sekitar 5,4 juta wisman tersebut adalah untuk menikmati atraksi budaya.
“Dengan jumlah sebesar itu, menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata budaya favorit di dunia yang berdaya saing,” tambah Esthy.
Kolaborasi pagelaran Wayang Ajen Kolosal Ki Wawan Ajen ini menjadi penutup gelaran Semarak Wisata Ramadhan 2016. Acara puncak tersebut diperkirakan akan menyedot ribuan wisatawan, mulai dari warga Kota Bandung dan sekitarnya serta wisatawan nusantara dari berbagai daerah lain yang tengah berwisata Ramadhan di Kota Kembang tersebut.
Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
Foto: adji & dok wayang ajen.
0 komentar:
Posting Komentar