. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 14 Maret 2015

Tak Satupun Bandara Indonesia Masuk Daftar 10 Bandara Terbaik Dunia 2015

Dalam acara “2015 World Airport Award” yang berlangsung di Passenger Terminal EXPO di Paris, Perancis, Rabu lalu, Bandara Changi Singapura kembali terpilih menjadi “Bandar Udara Terbaik Dunia” (World’s Best Airport) oleh para penumpang selama tiga tahun berturut-turut. Prestasi membanggakan ini diraih Bandara Changi untuk ke-enam kali. Wow, fantastis.  

CEO Skytrax, Edward Plaisted sebagaimana dilansir CNN dan melalui siaran pers, Kamis (12/3/2015) mengatakan kemenangan Bandara Changi Singapura selama tiga tahun berturut-turut merupakan prestasi yang luar biasa. “Kemenangan ini sekaligus memperkuat popularitasnya di kalangan wisatawan sebagai bandar udara terbaik di dunia,” pujinya. 

Bandara Changi berhasil membuktikan reputasinya sebagai Bandar Udara Terbaik di dunia, lanjutnya karena tidak terlena dengan keberhasilan sebelumnya. 

“Bandara Changi terus berinovasi dan fokus dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para wisatawan. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa Bandara Changi kembali terpilih sebagai bandar udara terfavorit di seluruh dunia oleh wisatawan global. Bandara Changi menawarkan kesenangan dan kejutan yang cukup unik,” ungkap Plaisted. 

Chief Executive Officer Changi Airport Group, Mr. Lee Seow Hiang mengatakan merasa terhormat kembali dinobatkan oleh Skytrax sebagai Bandar Udara Terbaik Dunia selama tiga tahun berturut-turut. 

“Pengakuan ini sangat bermakna bagi kami karena diberikan di saat Bandara Changi sedang menjalani beberapa perubahan. Kami melakukan sejumlah proyek pembangunan yang signifikan termasuk Terminal 4 dan Jewel Changi Airport, dengan beberapa pekerjaan yang sedang berlangsung ditenga-tengah operasi normal Bandar Changi,” terang Lee Seow Hiang.

Singapore Changi Airport, lanjut Lee Seow Hiang menangani 5.000 kedatangan dan keberangkatan dalam seminggu dengan 80 penerbangan internasional. “Bulan ini, Changi juga mendapatkan kontrak konstruksi senilai 234 juta dollar Singapura (atau sekitar Rp 2,2 T) untuk perluasan Terminal 1,” ungkapnya. 

The World Airport Award juga dikenal sebagai Passenger's Choice Awards, merupakan penghargaan paling bergengsi untuk industri bandar udara. Para pemenangnya dipilih oleh pelanggan dalam survei kepuasan pelanggan bandar udara terbesar yang dilakukan setiap tahun. 

Penghargaan ini diluncurkan oleh sebuah grup penasihat transportasi udara, SkyTrax, pada tahun 1999. Penghargaan tahun 2015 ini didasarkan pada lebih dari 13,02 juta wisatawan dari 112 negara dan meliputi 550 bandar udara di seluruh dunia yang disurvei antara bulan Mei dan Januari. 

Ada 39 indikator kepuasan pelanggan yang disurvei unntuk mendapatkan pemenang penghargaan ini, yakni meliputi kinerja layanan dan produk bandar udara mulai dari layanan check-in, kedatangan, transfer, pengalaman berbelanja, keamanan dan imigrasi, hingga keberangkatan di pintu gerbang. 

Selain sebagai bandara terbaik tahun 2015, Bandara Changi juga menyabet predikat membanggakan lainnya sebagai “Bandar Udara Terbaik untuk Fasilitas Rekreasi” (Best Airport for Leisure Amenities). 

Penghargaan tersebut pantas disandang Bandara Chagi karena bandara ini memiliki beragam fasilitas yang memanjakan pengunjung antara lain music bar lounge, bioskop, dek musik, kolam renang, tempat beristirahat, dan hotel transit di setiap terminal. 

Bukan cuma luas dan megah serta berfasilitas lengkap, di bandara ini wisatawan yang memiliki banyak waktu luang juga dapat mengikuti tur jalan-jalan gratis di Singapura. Tak heran para wisatawan dari seantero dunia mengaku puas dengan pelayanan bandara ini. 

Sayangnya dalam ajang “2015 World Airport Award” ini, tak satupun bandara Indonesia yang masuk sepuluh bandara terbaik di dunia tahun ini. Ini tentu menjadi “Pekerjaan Rumah” (PR) buat pengelola bandara di Tanah Air, agar tahun depan atau tahun-tahun berikutnya bisa masuk daftar bandara terbaik sedunia. 

Adapun keuntungan berpredikat sebagai bandara terbaik di dunia seperti yang diraih Bandara Changi berturut-turut itu, selain membanggakan pun menjadi bukti bahwa wisatawan dari berbagai penjuru dunia, senang datang dan berwisata ke negeri mungil itu. 

Berikut ini sepuluh bandara terbaik dunia untuk tahun 2015 pilihan penumpang versi “World Airport Award” yakni pertama disabet Singapore Changi Airport

Di posisi kedua Incheon International Airport. Menariknya, rangking itu juga telah dipegang bandara di Korea Selatan ini selama tiga tahun berturut-turut. 

Di peringkat ketiga hingga kesepuluh diraih Munich Airport (Jerman), Hong Kong International Airport (Hongkong), Tokyo International Airport (Haneda-Jepang)), Zurich Airport (Swiss), Central Japan International Airport (Jepang), London Heathrow Airport (Inggris), Amsterdam Schiphol Airport (Belanda), dan terakhir Beijing Capital International Airport di China. 

Naskah: adji kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. nanindaap & fir3rescu3aceh 

Captions: 
1. Bandara Changi Singapura
2. Megah, bersih dan lengkap fasilitas Bandara Changi.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP