. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 14 Juli 2013

Festival Kopi Indonesia 2013 Bakal Digelar di Kota Gudeg

Untuk mendorong kopi Indonesia supaya lebih dicintai di negeri sendiri Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan "Indonesia Coffee Festival Management" menggelar "Indonesian Coffee Festival 2013" di Kota Gudeg, Yogyakarta, 14-15 September 2013, tepatnya di Hotel Royal Ambarrukmo. 

"Ini sebagai salah satu upaya kami untuk mendorong kopi Indonesia supaya lebih dicintai di negeri sendiri," kata Direktur "Indonesian Coffee Festival" (ICF) Yanthi Tambunan katanya dalam acara jumpa pers Indonesian Coffee Festival 2013 di Gandaria City Mal, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Festival yang juga melibatkan Komunitas Kopi Spesial Indonesia ini juga diharapkan mampu mengangkat harkat dan martabat petani kopi di Indonesia.

Lewat ICF, Yanthi berharap dapat memopulerkan produk kopi unggulan yang dihasilkan Indonesia agar lebih dikenal, baik di dalam maupun di luar negeri. "Festival ini sekaligus untuk mengangkat derajat branding kopi asli Indonesia seperti pada kopi luwak dan kopi tubruk," katanya.

Di samping itu diupayakan mampu menjadi wahana untuk menciptakan hubungan saling menguntungkan antara industri kopi dari hulu hingga hilir, yaitu antara petani, pedagang, produsen, dan eksportir kopi di dalam dan di luar negeri.

Dari sisi pariwisata, event ini menjadi daya tarik wisata kuliner sebagai bagian dari ekonomi kretaif mengingat masing-masing kopi memiliki keunikan dalam pengelolaan dan penyajiannya. “Kegiatan ini juga dapat memperkenalkan daerah penghasil kopi di Indonesia yang berpotensi menjadi kawasan agrowisata, dan eco tourism," terangnya.

Tahun lalu, festival serupa digelar di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. "Tahun ini  ICF mengusung tema Kopi Tubruk, The Local Lifestyle. Tema ini diharapkan  mampu mengangkat kearifan lokal Indonesia," kataYanthi.

Selain pameran yang memperkenalkan beberapa kopi terbaik Indonesia sebagai produk unggulan seperti kopi Aceh, kopi Flores, kopi Jawa, kopi Lampung, kopi Bali, kopi luwak, kopi Toraja, dan kopi Papua, acara festival ini juga diisi dengan barista workshop, kelas roasting (menyangrai), icip-icip kopi atau cupping kopi-kopi asal Indonesia dan kunjungan ke kebun kopi di Banaran, Jawa Tengah.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP