. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 18 Juni 2013

Ayo Rebut Uang Puluhan Juta di Tiga Lomba Foto Tahun Ini

Kabar gembira buat para fotografer. Tahun ini  ada ada tiga lomba foto yang bakal digelar. Dua lomba dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), satu lagi panitia Jakarta Fair Kemayoran 2013. Hadiahnya puluhan juta, perlengkapan fotografi, dan bersilaturahmi dengan Presiden SBY. 

Lomba foto yang digelar Kemnparekraf pertama adalah Lomba Foto Sadar Wisata yang tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-lima. Lomba foto yang bertujuan memperkenalkan daerah tujuan wisata berhadiah total Rp77,5 juta.

Ketua dewan Juri Sigit Pramono mengatakan lomba foto ini terbuka untuk umum. “Batas akhir penyerahan karya foto ke pihak panitia lomba hingga 15 Juli 2013,” katanya. Dewan juri akan melakukan penilaian foto pada 22 Juli 2013 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf.

Pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan di Fountain Atrium, West Mall Grand Indonesia Shopping Town Lt 3 A Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 20 September 2013. “Seratus karya foto terbaik akan dipamerkan pada 20 hingga 22 September 2013 di tempat yang sama,” tambah Sigit.

Para pemenang Lomba Foto Sadar Wisata 2013 akan mendapat hadiah berupa uang dan piagam. Juara pertama berhak atas hadiah uang sebesar Rp20 juta, juara dua Rp17 juta, juara tiga Rp15 juta, juara harapan satu Rp10 juta, juara harapan dua Rp7,5 juta, juara harapan tiga Rp5 juta, dan hadiah favorit Rp3 juta serta masing-masing mendapat piagam dari Menparekraf.

Setiap peserta maksimal mengirimkan 5 foto. Dialamatkan ke Sekretariat Panitia Lomba Foto Sadar Wisata 2013 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jalan Medan Merdeka Barat No. 17, Jakarta 10110, Gedung Sapta Pesona. Lt.4.

Atau diemailkan ke: fotosadarwisata@parekraf.go.id. “Ukuran foto yang dikirim minimal 1600 x 3000 pixels,” kata Bambang Wijanarko, salah satu juri lomba foto ini.

Lomba foto kedua yang selenggarakan Kemenparekraf adalah Lomba dan Pameran Foto Indonesia memperebutkan Piala Presiden 2013 berhadiah total hadiah Rp. 282,5 juta.

“Selain mendapat Piala Presiden, para pemenangnya juga dapat bertemu dan bersalaman dengan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Selasa (18/6/2013). 

Kata Marie, lomba foto bertema 'Indonesia di Hatiku' itu digelar sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Indonesia. 

Penyerahan karya foto peserta terakhir pada 18 Juli 2013 dengan pelaksanaan penjurian pada 25 Juli 2013 dan pengumuman pemenang pada 17 Agustus 2013. “Pada tanggal 18 Agustus 2013 para pemenang berkesempatan bersilaturahmi dengan Presiden SBY sekaligus penyerahan piala dan hadiah,” terang Marie.

Lomba foto ini dibagi menjadi 3 kategori dengan hadiah total Rp 282,5 juta. Rinciannya Rp 30 juta untuk kategori pelajar, Rp 40 juta untuk kategori mahasiswa, dan Rp 50 juta untuk kategori umum. “Tambahan lainnya hadiah berupa kamera Cannon dan tas kamera,” tambah Marie. 

Untuk menjaring lebih banyak peserta sekaligus meningkatkan kualitas lomba, Kemenparekraf melakukan sejumlah terobosan di antaranya mengoptimalkan microsite khusus www.fotografiindonesia.net untuk memudahkan peserta mengirimkan karya foto. 

Kemenparekraf juga mempromosikan ajang tersebut melalui jejaring sosial melalui akun facebook.com/INDONESIAFOTOGRAFI dan twitter @fotografi_Ind#LFI2013.

Lomba foto ketiga digelar panitia Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta 2013 dengan tema “Warna-Warni Jakarta Fair Kemayoran 2013” dengan total hadiah puluhan juta rupiah. 

Lomba foto ini terbuka untuk umum dan gratis. Setiap foto wajib menampilkan sisi Jakarta Fair Kemayoran 2013 yang enerjik, dinamis, dan menarik. Karya foto dikirim dalam bentuk JPEG (soft copy) dengan ukuran sisi terpanjang 1500 pixels, lebar file maksimal 500KB. 

Batas waktu pengiriman foto, Jum’at 28 Juni 2013 pukul 00.00 ke email: lombafotoumumjakartafair@yahoo.com.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP