. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 16 Mei 2013

Ayo Nonton Jakarta Festival Museum Day di Kawasan Kota Tua

Dalam rangka memeriahkan Hari Museum Internasional 2013, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Festival Museum Day (JFMD) di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat pada 18 Mei 2013. Sebanyak 45 museum yang ada di Jakarta akan mengikuti acara tahunan ini. 

Tahun lalu, peserta JFMD hanya diikuti 43 museum dari 53 museum yang ada di Jakarta. Menurut Kepala Disparbud DKI Jakarta Arie Budiman, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum. “Warga Jakarta dapat mengetahui berbagai museum yang ada di Ibu Kota ini lewat acara ini,” kata Arie di Balaikota Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Ke-45 museum yang mengikuti JFMD 2013 antara lain Museum Sejarah Jakarta atau yang dikenal Museum Fatahillah, Museum Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti, Monumen Nasional (Monas), Museum Tekstil, Museum Taman Arkeologi Onrust, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Al Quran PTIQ Lebak Bulus, Balai Konservasi, dan Unit Pengelola Kota Tua.

JFMD tahun ini temanya mengacu pada tema Hari Museum Internasional 2013, yakni museum merupakan memori atau kenangan yang ditambahkan dengan kreativitas untuk menuju perubahan sosial.

Acaranya bukan hanya pameran. Di Museum Wayang misalnya, akan ada Festival Dalang Cilik, Pameran Wayang, dan Pagelaran Wayang Banyumas semalam suntuk dengan menampilkan dalang Ki Anom. Sedangkan Di Kota Tua akan digelar Pagelaran Week and Kota Tua

Disbudpar DKI menargetkan jumlah pengunjung JFMD 2013 mencapai 10.000 orang. Mengingat keterbatasan lahan parkir.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Disparbud DKI Jakarta Ida Zubaidah mengimbau agar pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi saat berkunjung ke acara ini.

“Sebaiknya menggunakan angkutan umum bus transjakarta ke Kawasan Kota Tua,” imbaunya seraya menambahkan bahwa acara ini gratis, pengunjung tidak dikenakan biaya.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP