. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 02 November 2012

Soul of Space Buku Arsitektur yang Berjiwa

Buku arsitektur karya arsitek Indonesia bertambah lagi dengan hadirnya Soul of Space karya arsitektur Cosmas D.Gozali. Buku yang satu ini terasa beda dengan buku arsitektur yang ada. Buku ini terasa berjiwa karena merupakan curahan jiwa si penulisnya setelah 20 tahun malang melintang dan berkarya dalam dunia arsitektur yang telah membesarkan namanya.  

Buku setebal 192 halaman dengan hard cover warna putih ini berisi dokumentasi dan tulisan Cosmas tentang proses penciptaan desain 25 proyek yang terdiri atas proyek rumah tinggal, real estat, gedung perkantoran, interior, dan proyek kompetisi.

Sesuai judulnya, buku ini mempresentasikan apa yang dilakoni Cosmas dalam mendesain yang senantias mengutamakan terciptanya keindahan bangunan yang berjiwa. 

Baginya, keindahan bangunan harus muncul dari dalam, bukan dari luar. Keindahan yang bukan hanya sedap dipandang mata melainkan pula dapat dinikmati dan dirasakan sebagai hasil dari pengalaman meruang saat penghuninya berada di dalamnya. 

"Bangunan baginya, seharusnya dapat diandaikan seperti manusia, sederhana dari luar, namun indah di dalam. Keindahan itu harus keluar dari dalam hati dan jiwa. Begitu juga arsitektur, keindahannya harus muncul dari dalam bukan dari luar,” itulah salah satu kutipan yang terdapat dalam buku ini. 

Soul of Space merupakan buku seri arsitektur yang dikemas dalam penyampaian yang ringan namun tetap menggambarkan keunikan arsitektur bangunan yang ingin ditunjukan Cosmas, membuat buku arsitektur ini sangat enak dinikmati. 

"Buku ini hadir sebagai pelengkap pengabdian saya pada dunia pendidikan dan arsitektur," ujar Cosmas yang juga seorang pecinta seni dan traveller jebolan Technische Universitat Wien, Wina, Austria. 

Untuk mendukung visinya itu, cosmas memberikan 50% buku dari keseluruhan produksinya untuk didonasikan ke beberapa perguruan tinggi terpilih, antara lain UI. 

Buku yang disusun oleh tim Serial RUMAH ini menyuguhkan ragam inspirasi arsitektural. The Hidden Paradise, vila Ganesha adalah salah satu karya yang disuguhkan dalam buku ini. 

Sebuah vila yang terletak di antara sungai dan hutan tropis nan eksotis pulau dewata, Bali ini arsitekturnya menyerap banyak nilai-nilai budaya Bali. Unsur etniknya tetap dipertahankan dengan tujuan menciptakan surga yang tersembunyi. Dan keistimewaannya lagi, Cosmas merenovasi bangunannya tanpa merusak unsur alamnya. Berkat konsep ramah lingkugannya itulah membuatnya dinobatkan sebagai peraih IAI Awards 2002. 

Terkait dengan kehadiran buku ini, Ketua Ikatan Arsitek indonesia (IAI) Jakarta Her Pramtama mengatakan perjalanan panjang selama 20 tahun memberi kesan yang mendalam bagi Cosmas. 

"Arsitektur merupakan perpaduan antara seni dan teknologi yang selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Arsitek dituntut untuk mengembangkan ketrampilannya dalam rangka membentuk kecakapan dan kepakarannya. Dan cosmas sudah membuktikannya lewat tulisan dan dokumentasi karya-karya dalam bentuk buku," jelas Her. 

Arsitek Yori Antar menilai Cosmas berkemampuan dalam membuat berbagai karakter arsitektur. "Dia bisa membuat suatu lompatan. Desainnya sangat berani bahkan di antaranta futurstik yang memberikan sumbangan arsitektur moderen kontemporer di Indonesia," uangkap Yori. 

Peluncuran buku “Soul of Space” berlangsung Jumat malam (2/11/2012) di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Barat yang dilanjutkan dengan Pameran Arsitektur sebagian karya terbaik Atelier Cosmas Gozali, biro yang didirikan Cosmas. 

Pameran arsitekturnya masing berlangsung Sabtu-Minggu (3-4/11/2012), mulai pukul 8 s/d 7 malam di Museum Nasional. Pada hari dan tempat yang sama juga digelar talkswow tentang pembahasan proyek oleh Cosmas D. Gozali dan Team pada pukul 10.00 - 11.00 WIB dan pukul 14.00 - 15.00 WIB. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP