Kemenpar dan Garuda MoU Capai Target Kunjungan Wisatawan 2016
Guna mempercepat realisasi pencapaian target kunjungan wisman sebanyak 12 juta dan 260 juta perjalanan wisnus tahun 2016 ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Maskapai Nasional Garuda Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bidang “Pengembangan Pemasaran Pariwisata Indonesia” sebagai wujud dukungan Garuda Indonesia dalam mengembangkan pariwisata nasional.
Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara dan Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowon serta disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada acara pembukaan Rakornas Kepariwisataan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (28/4).
Baik Kemenpar dan Garuda sepakat melaksanakan peningkatan aktivitas pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara yang mencakup kegiatan branding dan advertising, termasuk pelibatan media massa untuk membantu mempercepat realisasi pencapaian target.
Garuda menyadari pentingnya kerjasama ini mengingat posisinya sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, Garuda turut berperan aktif dalam memajukan pariwisata nasional.
“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata dan Garuda Indonesia melalui berbagai progam dan kegiatan promosinya telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu, dengan jaringan yang menjangkau hampir seluruh nusantara dan mancanegara, kiranya akan semakin memudahkan wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Indonesia”, kata Arif Wibowo.
Menpar Arief Yahya menyambut baik kerjasama antara Garuda dan Kemenpar tersebut dan mengharapkan ke depannya kerjasama tersebut dapat terus ditingkatkan. “Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata untuk ditawarkan kepada baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, seperti ragam kebudayaan, seni, sejarah, serta keindahan alamnya.
Kementerian Pariwisata dan Garuda Indonesia akan dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia,” kata Arief Yahya.
Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara dan Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowon serta disaksikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada acara pembukaan Rakornas Kepariwisataan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (28/4).
Baik Kemenpar dan Garuda sepakat melaksanakan peningkatan aktivitas pemasaran pariwisata mancanegara dan nusantara yang mencakup kegiatan branding dan advertising, termasuk pelibatan media massa untuk membantu mempercepat realisasi pencapaian target.
Garuda menyadari pentingnya kerjasama ini mengingat posisinya sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, Garuda turut berperan aktif dalam memajukan pariwisata nasional.
“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata dan Garuda Indonesia melalui berbagai progam dan kegiatan promosinya telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu, dengan jaringan yang menjangkau hampir seluruh nusantara dan mancanegara, kiranya akan semakin memudahkan wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk berkunjung ke Indonesia”, kata Arif Wibowo.
Menpar Arief Yahya menyambut baik kerjasama antara Garuda dan Kemenpar tersebut dan mengharapkan ke depannya kerjasama tersebut dapat terus ditingkatkan. “Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata untuk ditawarkan kepada baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, seperti ragam kebudayaan, seni, sejarah, serta keindahan alamnya.
Kementerian Pariwisata dan Garuda Indonesia akan dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke Indonesia,” kata Arief Yahya.
Pada tahun 2012 Garuda dan Kemenpar pernah melaksanakan kerja sama di bidang promosi pariwisata yang dilaksanakan oleh masing-masing pihak.
Kerjasama tersebut meliputi “Nation Branding” melalui penyediaan bahan-bahan promosi pariwisata Indonesia.
VP Corporate Communicvatiob Garuda Indonesia Benny Butarbutar menjelaskan Garuda telah melaksanakan berbagai upaya untuk mempromosikan pariwisata nasional antara lain dengan menyelenggarakan berbagai ‘special event’ seperti penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) setiap tahunnya.
“Kami juga , menyediakan paket-paket wisata bekerjasama dengan biro-biro perjalanan domestik maupun internasional dalam bentuk educational tour, familiarization tour dengan special/promo fare, serta memanfaatkan kantor-kantor perwakilan Garuda Indonesia khususnya yang berada di luar negeri untuk melaksanakan promosi pariwisata Indonesia dan juga melalui duta-duta wisata Garuda di negara-negara tujuan,” terangnya.
Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
0 komentar:
Posting Komentar