Minggu, 15 September 2019

Ini Suguhan Festival Bahari Jakarta 2019 di Kepulauan Seribu


Punya rencana berwisata bahari ke Kepulauan Seribu bulan ini? Sepertinya itu pilihan waktu yang tepat. Pasalnya tanggal 21-22 September 2019, di Kepulauan Seribu khususnya di Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Pari, ada iven bertajuk Festival Bahari Jakarta.


Di Festival Bahari Jakarta (FBJ)  2019 ini, Anda bakal disuguhkan berbagai acara menarik dan mengesankan serta punya kepedulian akan lingkungan.

Dalam pers release yang TravelPlus Indonesia terima dijelaskan FBJ 2019 berkonsep “Love Our Ocean”. Konsep ini  mengkampanyekan gerakan dengan jargon ASIK (Anti Sampah Plastik).

Lewat konsep tersebut, Anda bisa mengikuti bermacam kegiatan konservasi laut seperti aksi bersih pantai dan aksi bersih dalam laut, tranplantasi terumbu karang yang rencananya diawali dengan 1000 bibit karang, dan juga menanam sampai 3000 bibit mangrove.

Semua aktivitas positif itu digiatkan oleh volunteer milenial dari komunitas Maritim Muda, anggota Pramuka Pulau Tidung, dan sukarelawan umum dari seluruh Indonesia.

Di FBJ kali ini Anda juga bisa mengikuti berbagai lomba antara lain kompetisi underwater photo dan kompetisi budaya pesisir, serta kompetisi renang OWS dengan lintasan sepanjang 700 meter.

Anda juga bisa melihat kompetisi perahu hias yang diikuti masyarakat nelayan dan penggiat wisata pulau.

Kabarnya total hadiah yang dipersembahkan oleh Pemprov DKI senilai lebih dari 100 juta rupiah.

FBJ 2019 juga akan dimeriahkan dengan kegiatan Sudin Pariwisata Pulau Seribu yaitu Oceanic Folk Festival (OFF) yang berkonsep mempertemukan kebudayaan bahari masyarakat internasional dari Afrika, Amerika Latin, dan Asia-Pasifik dengan kebudayaan masyarakat bahari Pulau Tidung yang khas.

Di samping itu, OFF Jakarta juga akan mendatangkan beberapa artis nasional maupun internasional seperti Andi Riff Kamila, Amelia Ong, Ino Ensemble, Hip Hop Kupang, Viva Brazil (Brazil), Supa Kalulu (Zimbabwe), Bennett Brandeis (USA), Han Bapeh (Korea), Sindhu Raj (India) serta kesenian unik dari Betawi seperti Wayang Kulit Betawi dan Tanjidor Brass Band.

FBJ yang juga didukung Pasar Jaya, pada tanggal 22 September akan meluncurkan Jak Grosir, yaitu gudang pusat perdagangan di Pulau Tidung Kecil.

Grosir tersebut bertujuan menyediakan dan menjaga kestabilan harga bahan pokok, hal yang krusial bagi kebutuhan masyarakat pulau.

Tidak ketinggalan UKM dari Sudin KPKP Pulau Seribu akan menggelar bazar pangan khas Pulau Tidung.

Jadi Anda bisa memborong keripik sukun, kerupuk anggur laut, ikan asin belah, tangkwe, kerupuk cumi, manisan ceremai, dan masih banyak lagi panganan yang sangat pas untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

FBJ diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Pemprov DKI Jakarta, yang perwujudannya diterjemahkan oleh organizer Jak Convex.

Iven bahari ini diharapkan menjadi opsi yang menarik dan ekonomis untuk weekend gateway.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan direncanakan akan hadir pada acara puncak FBJ.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.fatkhurohim 

Captions:
1 & 2.  Lomba perahu hias, salah satu acara yang akan disuguhkan dalam Featival Bahari Jakarta (FBJ) 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.