Selasa, 19 Maret 2019

Ragam Aktivitas Wisata di Karimunjawa Ini Bikin Malas Pulang

Nama Karimunjawa kembali menghangat lantaran berhembusnya kabar matinya sejumlah hiu di penangkaran ikan di Menjangan Besar Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah, secara mendadak. Kebetulan penangkaran itu menjadi salah satu lokasi yang kerap dikunjungi wisatawan sebagai aktivitas wisata.

Lewat tulisan ini, TravelPlus Indonesia tidak mengupas soal penyebab kematian sejumlah hiu tersebut dan tidak pula menyorot aktivitas wisata "berenang bareng hiu" di penangkaran itu, melainkan mengangkat ragam aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan wisatawan selama di Karimunjawa yang bikin malas pulang alias betah berlama-lama di sana.

Sebagai kawasan taman nasional, Kepulauan Karimunjawa memiliki ragam pesona wisata yang lengkap seperti pantai, wisata bawah laut, hutan bakau, dan keunikan budaya masyarakatnya. Oleh karena itu kepulauan satu ini mendapat predikat  “The Paradise of Java”.

Aktivitas wisata di Karimunjawa yang bakal membuat Anda betah di sana antara lain mengelilingi beberapa pulau dengan kapal bersama nahkoda dan pemandu wisata.

Pulau-pulau yang biasa disambangi seperti Pulau Menjangan Besar (tempat penangkaran hiu yang saat ini ramai dibicarakan lantaran sejumlah hiunya mati mendadak).

Pilihan lainnya untuk melihat penangkaran hiu bisa ke Pulau Menjangan Kecil. Di pulau ini juga selfie spot berupa ayunan layaknya di Gili Trawangan, Lombok. Di pulau ini, Anda juga bisa ber-snorkeling.

Lokasi lain untuk ber-snorkeling juga ada di Pulai Cilik. Selanjutnya ke Pulau Cemara Besar (sebuah pulau yang memiliki bentangan pasir putih cukup luas ketika air laut surut), lalu ke Pulau Cemara Kecil untuk makan siang).

Lokasi lain yang asik untuk santap siang ada di Pulau Tengah kalau mengunjungi pulau-pulau bagian timur Karimunjawa. Kemudian ke Pulau Gosong Seloka, sebuah pulau yang memiliki pasir putih asyik buat berjemur, bermain pasir, dan lainnya.

Biar nyaman saat keliling pulau-pulau tersebut, sebaiknya kenakan suncream supaya kulitmu tidak terbakar matahari dan kenakan pula topi serta kacamata hitam.

Kalau beruntung, Anda juga bisa melihat lumba-lumba berenang di perairan antara Pulau Menjangan Kecil ke Pulau Cemara Kecil.

Aktivitas wisata lainnya menyambangi Kampung Bugis di Desa Telaga dan Desa Batu Lawang, Pulau Kemujan.

Lokasinya sekitar 45 menit dari pusat kota Karimunjawa ke arah bandara. Ciri khas Kampung Bugis itu, rumah-rumahnya berbentuk panggung.

Buat yang suka menyelam (diving) ada beberapa spot menarik di Karimunjawa, antara lain Indonor Wreck, salah satu dive spot berupa bangkai kapal yang sudah bertahun-tahun tengggelam.

Selain itu di perairan Pulai Sintok (tebing) dan Pulau Menyawakan.

Buat yang senang memancing/menangkap ikan, coba saja dengan cara menembak ikan dengan teknik spearfishing untuk mendapatkan ikan dari celah terumbu karang.

Tapi perlu diingat ikan yang ditembak ukuran yang biasa dikonsumsi. Anda pun harus memiliki kemampuan berenang dan freedive serta didampingi orang lokal yang biasa melakukannya supaya  aman dan tidak merusak terumbu karang.

Kalau malas menginap di homestay, Anda bisa berkemah (camping) di salah satu pulaunya, antara lain di Pulau Cemara Besar. Bisa juga hammocking di tepi pantai di Pulau Cemara Kecil.

Buat yang senang mengabadikan pesona matahari tenggelam (sunset) bisa ke beberapa titik antara lain di Pantau Ujung Gelam atau Tanjung Gelam, Pelabuhan Baru Karimunjawa (tempat awal menginjakkan kaki ke Karimunjawa dari Jepara/ Semarang/Kendal).

Lokasi lainnya di Pelabuhan Rakyat Karimunjawa (tempat memulai aktivitas mengelilingi Kepulauan Karimunjawa) dan gardu pandang.

Anda juga bisa menjelajahi hutan bakau (mangrove) sambil melihat flora dan faunanya dan menaiki gardu pandang untuk melihat hamparan hutan bakau beserta perbukitan dan menyaksikan sunset-nya.

Pilihan lain, Anda bisa bermain sampan di tepi pantai atau tepian hutan bakau di Bako Lolo, Pulau Kemujan.

TravelTips
Cara menjangkau Kepulauan Karimunjawa selain dengan kapal Pelni, juga bisa dengan beberapa kapal Fery yang berangkat dari Jepara ke Karimunjawa PP, antara lain Fery Jepara dan Express Jepara, serta Express Semarang Kendal.

Untuk paket wisatanya seperti yang ditawarkan @karimunjawa_trip memang bermacam tergantung durasi dan jenis kapal yang dipakai, antara lain paket 2D1N dengan Fery Jepara Rp 575 ribu per orang, minimal 2 orang.

Ada juga paket 2D1N Express Jepara (745 ribu), 2D1N Express Semarang (820 ribu), 2D1N Pelni Semarang (795 ribu), 3D2N Fery Jepara (875 ribu), 3D2N Express Jepara (975 ribu), 4D3N Fery Jepara (985 ribu), dan paket lainnya.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: @karimunjawa_trip

Captions:
1. Salah satu aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Karimunjawa, Jateng.
2. Selamat datang di Karimunjawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.