Minggu, 17 Maret 2019

Ekonomi Berbasis Kebudayaan Bakal Ciptakan Banyak Lapangan Pekerjaan

"Dari sisi kebudayaan saya yakin akan muncul peluang-peluang ekonomi berbasis kebudayaan yang akan menciptakan begitu banyak lapangan pekerjaan".

Itu sepenggal jawaban Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno pada Segmen 2 dan 3 mengenai pertanyaan dari tim panelis pada Debat Cawapres di Pilpres 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Golden Ballroom, Sultan Hotel, Jakarta, Ahad (17/3) mulai pukul 20.00 WIB malam.

Pertanyaan tim panelis itu dibacakan Alfito Deannova selaku pembawa acara.

Isi pertanyaannya: "Hampir sepanjang usia Republik, kebudayaan ternyata belum menjadi haluan Pembangunan Nasional. Kebijakan kebudayaan baik dalam anggaran maupun program terpinggirkan. Pembangunan fisik material jauh lebih diutamakan dengan biaya sangat besar. Sebaliknya pembangunan infrastruktur kebudayaan diupayakan secara minimal. Apa kebijakan yang akan bapak-bapak ambil untuk mengatasi persoalan tersebut?".

"Saya melihat memang anggaran dan infrastruktur masih kurang tapi kita harus melihat dari sisi kemitraan. Karena saya yakin jika pemeritahannya berpihak terhadap pembangunan budaya bisa mengajak banyak pihak-pihak lain seperti dunia usaha, akademisi universitas ditingkatkan kurikulum yang mengarahkan minta untuk mencintai budaya kita," jawab Sandi yang diberi kesempatan pertama untuk menjawab pertanyaan itu.

Menurut Sandi ekonomi kreatif dibawah Prabowo Sandi akan tingkatkan bukan hanya anggarannya tapi wewenangnya juga untuk mengkolaborasi semua kekuatan yang Indonesia miliki.

Kata Sandi lagi, kebudayaan Indonesia juga tercermin dalam potensi pariwisata yang dimiliki Indonesia.

"Jika kita melihat sesuatu dalam pandangan yang holostik, yang komprehensif dimana kita tempatkan pembangunan budaya sebagai prioritas, saya semakin yakin Indonesia Menang dibawah Prabowo Sandi bukan hanya bisa melestarikan budaya kita tapi juga bisa menciptakan letupan-letupan ekonomi yang akan membuka lapangan kerja untuk anak-anak muda kita," tegas cawapres paslon nomor urut 02 ini.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. @semuajadisaksi

Captions:
1.  Sandi: "Program Ekonomi Berbasis Kebudayaan Sebagai Solusi Memajukan Budaya Bangsa".
2. Sandi: "Sektor seni budaya harus diperhatikan, Ekonomi Kreatif adalah sektor seni-budaya yang akan diberi perhatian khusus untuk meningkatkan devisa selain sektor pariwisata".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.