Minggu, 19 Mei 2019

Caribbean Cruise Hadir Lagi di Bintan Bawa 3.800 Lebih Wisman, Ini Top 10 Terbanyak Penumpangnya

Kapal pesiar Voyager of the Seas dari Royal Caribbean International kembali hadir di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), tepatnya ke kawasan Lagoi dengan membawa penumpang 3.800 lebih wisatawan mancanegara (wisman), Minggu (19/5/2019)

Berdasarkan daftar penumpang dan asal negaranya yang TravelPlus Indonesia terima dari Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Wan Rudi Iskandar, kapal pesiar berkapasitas 5.000 penumpang itu membawa total 3.897 penumpang terdiri atas 2.075 penumpang perempuan dan 1.822 penumpang laki-laki dari 36 negara termasuk Indonesia.

Adapun Top 10 penumpang terbanyak kapal pesiar yang memiliki 15 lantai ini, berdasarkan daftar tersebut adalah pertama, India dengan jumlah 1.474 orang.

Di peringkat kedua sampai kesepuluh ditempati Singapura (1.200), Malaysia (458), China (230), Filipina (119), Jepang (87), Thailand (68), Indonesia (59), Korsel (45), dan Australia sebanyak 28 orang.

Sisanya dari AS, Norwegia, Inggris, Kanada, Portugal, Hongkong, Nepal, Vietnam, Taiwan, Rusia, dan lainnya.

Menurut Wan Rudi hampir seluruh penumpang kapal pesiar yang memiliki ruang makan utama dan restoran prasmanan Windjammer Cafe serta 4 specialty restaurants lainnya seperti Chops Grille Steakhouse, Giovanni's Table Italian restoran, Izumi untuk masakan Asia, dan Johnny Rockets ini, turun menikmati sejumlah obyek wisata di Lagoi dan sekitarnya.

"Obyek yang dikunjungi antara lain Lagoi Bay, Treasure Bay, Bintan Mangrove, Kebon Binatang (Bonbin) Safari Lagoi, desa-desa wisata, dan lainnya sampai Minggu sore ini," terang Wan Rudi.

Di lokasi Safari Lagoi, penumpang kapal pesiar yang dilengkapi aneka hiburan eksklusif seperti royal promenade, duty-free shops, arena bermain ice-skating, dan arena olahraga seukuran asli dan dilengkapi flow rider surf simulator dan wall climbing ini, mengenakan topi caping yang biasa dikenakan nelayan atau petani, berwarna coklat yang disediakan pihak Bonbin tersebut.

"Sepertinya topi caping itu dipakai para turis penumpang kapal pesiar itu hanya di lokasi Bonbin aja, buat foto selfie," terangnya.

Sementara penumpang kapal pesiar yang tidak berpuasa Ramadhan, lanjut Wan Rudi, menyantap makan siang di Restoran Nelayan Lagoi.

"Alhamdulillah semakin banyak wisman yang hadir ke Bintan tahun ini dengan kapal pesiar. Belum lagi dari kapal ferry reguler melalui BBT atau Bandar Bintan Telani yang tetap berjalan setiap harinya membawa 2.000 wisman," ungkap Wan Rudi.

Sebelumnya Kamis (2/5/2019) untuk pertama kalinya kapal pesiar Voyager of the Seas yang memiliki beragam akomodasi pilihan dari kelas Luxurious Suite hingga Panoramic Oceanview Staterooms dan Virtual Balcony Interior Staterooms ini pernah mampir di Bintan dengan membawa sekitar 3.790 orang, juga dari berbagai negara.

Beberapa bulan sebelumnya kapal pesiar Genting Dream Cruise dari Singapura membawa penumpang sebanyak 4.000 lebih wisman ke Bintan, tepatnya Sabtu 23 Maret 2019 lalu.

Ketika itu penumpangnya paling banyak dari Singapura berjumlah 2.582 wisman, lalu India (1.344), Malaysia (196), Thailand, dan Filipina masing-masing sebanyak 35 wisman. Sedangkan dari Indonesia 33 orang.

"Mudah-mudahan kunjungan wisman ke Bintan 2019 ini semakin meningkat sehingga target 700 ribu wisman serta target total 1,2 juta wisatawan baik wisnus dan wisman ke Bintan tahun ini tercapai " pungkas Wan Rudi.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.wan rudi & disparbud bintan.

Captions:
1. Kapal pesiar Voyager of the Seas dari Royal Caribbean International datang lagi ke Bintan, Minggu (19/5/2019).
2. Wisman asal India di posisi teratas Top 10 Penumpang kapal pesiar tersebut kali ini.
3. Hampir seluruh penumpang turun ke Bintan.
4. Mengenakan topi caping saat keliling kebun binatang Safari Lagoi.
5. Santap siang di Restoran Nelayan Lagoi.
6. Jumlah wisman ke Bintan tahun ini diharapkan mencapai target 700 ribu orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.