Selasa, 05 Maret 2019

Wisman Asal Turki ke Indonesia 17 Ribu Setahun, Favoritnya Bali

Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Turki yang berkunjung ke Indonesia hanya 17 ribu setahun. Destinasi favoritnya adalah Pulau Dewata, Bali.

Hal itu terungkap dari akun Instagram (IG) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya @menpar.ariefyahya, saat dia bertemu dengan Konjen RI di Istanbul, Selasa (5/3).

"Sobat wisata, saya sedang landing di Istanbul Turki, transit 2,5 jam, menunggu pesawat menuju Berlin untuk mengikuti ITB Berlin 2019, pameran pariwisata terbesar di dunia yang setiap Maret dilangsungkan di sana," tulis Arief Yahya di IG-nya tersebut.

Selagi transit, Arief Yahya  meluangkan kesempatan untuk bertemu dengan Konjen RI di Istanbul, Herry Soedradjad yang berasal dari Bandung.

Dia pun berbincang seputar pariwisata kedua negara.

"Menurut Herry Soedradjad orang Turki yang berwisata ke Indonesia setahun 17 ribu," ungkap Arief Yahya masih di-postingan yang sama.

Wisatawan Turki yang datang ke Indonesia rata-rata family. "Destinasi yang paling banyak dikunjungi Bali," tambah Arief Yahya.

Faktor utama kenapa jumlah wisman Turki ke Indonesia hanya 17 ribu setahun adalah karena akses jarak. Dari Istambul ke Jakarta 10 jam dengan pesawat, sedangkan ke Eropa rata-rata 4-5 jam.

"Jadi pariwisata adalah soal jarak dan kedekatan," pungkas Arief Yahya.

Saat TravelPlus Indonesia buat berita ini, postingan tersebut sudah disukai 690 warganet dan 15 komentar, salah satunya dari pedangdut asal Banyuwangi, Fitri Carlina.

Lewat IG @fitricarlina, pelantun lagu Gantengnya Pacarku itu bilang:  "Semoga lancar dan selamat sampai tujuan Bapak @menpar.ariefyahya dan semoga sukses Event ITB-nya di Berlin...πŸ™‚πŸ™‚πŸ™πŸ™".

Sebagaimana dikutip pos-kupang.com, Internationale Tourismus-BΓΆrse (ITB) Berlin 2019 akan berlangsung selama 5 hari, tanggal 6-10 Maret.

Berdasarkan hasil Rapat Technical Meeting ITB Berlin 2019 yang digelar Kemenpar di Movenpick Hotel, Jimbaran Bali bulan lalu, terungkap di ITB Berlin tahun ini, Kemenpar tetap akan  mengangkat tema Phinisi dengan arsitektur budaya Bali.

Tim Indonesia yang bakal ikut ITB Berlin 2019 berjumlah 155 peserta dari kalangan industri dan 12 peserta dari Pemda dan Dinas Pariwisata di Indonesia.

Sementara table yang disiapkan oleh Kemenpar sejumlah 95 table yang bakal diisi oleh 155 peserta dari kalangan industri antara lain Flobamor Tour, Exotic NTT, Manumadi, Flores Komodo Tour, Flores Exotic, Plataran, dan Sumba Explore.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. @menpar.ariefyahya 

Captions:
1. Menpar Arief Yahya bertemu dengan Konjen RI di Istanbul Herry Soedradjad, saat transit sebelum menuju Berlin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.