Selasa, 14 November 2017

Wow, 20 Artis Entrepreneur Bakal Pasang Logo Pesona Indonesia Usai Co-Branding dengan Wonderful Indonesia

Sebanyak 20 artis entrepreneur yang melakukan sinergi Co-Branding dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia-nya Kementerian Pariwisata (Kemenpar), berjanji akan memasang logo Pesona Indonesia di kemasan brand-nya masing-masing.

“Setelah melakukan penandatangan Nota Kesapahaman co-branding dengan Wonderful Indonesia saya akan pasang logo Pesona Indonesia di kemasan Rain Cake saya, seperti yang dilakukan suami saya dengan memasang logo tersebut di kemasan Malang Strudel-nya,” ucap Shireen Sungkar, istri Teuku Wisnu yang menjadi salah satu artis yang ikut menandatangani Nota Kesepahaman (NK) terkait Co-Branding dengan Wonderful Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Selain brand Rain Cake-nya Shireen Sungkar, masih ada 19 brand artis entrepreneur lainnya yang melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI).

Brand public figure itu terdiri atas brand kue (cake) antara lain Minang Mande Cake milik artis Rossa, Semarang Wingkorolls (Dewi Sandra), Cinnamon Cirebon (Dhini Aminarti dan Dimas Seto), Scrummy Jogja dan Minang Nantigo (Dude Herlino), Premio Balikpapan (Baim Wong), Bandung Kunafe (Irfan Hakim dan Omesh), dan Banana Foster Cake milik artis Hengki Kurniawan.

Brand kue artis berikutnya Cirebon Kelana milik Ussy Pratama, Surabaya Patata (Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis), Reallycake (Prilly Latuconsina), Pekanbaru Cassata (Denny Cagur), Savvanacake (Fitri Carlina), Lenso Manado (Gracia Indri), Cirebon Sultana (Indra Bekti dan istri); Palembang Lamonde (Irwansyah), dan Gigieatcake milik pasangan tersohor Raffi Ahmad dan Gigi.

Sementara brand fashion milik artis pebisnis yang Co-Branding dengan WI/PI kali ini antara lain Mandjha.ivangunawan kepunyaan desainer ternama Ivan Gunawan dan Urban Lips-nya Cathy Sharon.

Hampir seluruh artir entreperneur itu hadir dan menandatangani Nota Kesepahamanan (NK) dengan pihak Kemenpar yang ditandatangani oleh Sekmen Ukus Kuswara dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty.

Hanya segelintir artis saja yang tak nampak seperti Hengki Kurniawan, Irwansyah, dan pasangan Raffi dan Gigi. Komedian Denny Cagur diwakili istrinya, Omesh diwakili rekan bisnisnya Irfan Hakim, dan Ria Ricis juga sudah diwakilkan partner usahanya yang tak lain kakaknya sendiri, Oki Setiana Dewi.

Dewi Sandra bersyukur brand kue-nya terpilih utuk diajak co-branding dengan WI/PI.

“Saya berterimakasih kepada Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajarannya di Kementerain Pariwisata yang sudah mengajak brand kue saya yang masih baru ini untuk berkolaborasi, co-branding dengan Wonderful Indonesia yang sudah mendunia,” akunya.

Hal senada juga diutarakan sejumlah artis lainnya. Pelantun theme song Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, Rossa misalnya berharap co-branding ini bukan semata untuk mengangkat nama brand dagangan artis masing-masing pun sebagai salah satu cara artis itu sendiri ikut berpartisispasi memajukan pariwisata Indonesia.

“Saya sendiri siap membantu sebisa saya untuk memajukan pariwisata Indonesia dengan cinta,” ujar Rossa yang terlihat lebih akrab dengan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dibanding artis-artis entrepreneur lainnya.

Menpar Arief Yahya yang hadir dan memberi kata sambutan mengungapkan keutungan melakukan Co-Branding WI/PI dengan artis entrepreneur sebagai endorser adalah sama-sama mengembangkan kerjasama promosi.

Para artis akan mempromosikan melalui media sosial yang dimilikinya masing-masing maupun di media jaringan Kemenpar dalam rangka mensukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada 2019 mendatang.

Arief Yahya menambahkan pihaknya telah menetapkan 100 brand untuk co-branding dengan WI/PI yang berujung sangat sukses memperkenalkan WI ke luar negeri.

"Brand Wonderful Indonesia kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan atau building brand selama 2,5 tahun terakhir," jelas Arief.

Kata dia lagi, sejak 2015 Wonderful Indonesia sudah dipromosikannya secara masif ke seluruh dunia.

Alhasil berdasarkan referensi World Economic Forum (WEF) di 2016, Wonderful Indonesia berada di peringkat 47 dunia atau mengalahkan brand Truly Asia Malaysia berada di peringkat 96 dan brand Amazing Thailand di peringkat 83 dunia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti didampingi Plt. Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Hariyanto mengharapkan co-branding WI/PI dengan para brand artis entrepreneur di seluruh Tanah Air akan semakin intensif.

“Dengan begitu promosi sektor pariwisata juga akan semakin besar," ujar Esthy yang juga menandatangani NK terkait co-branding dengan 19 brand korparat pada kesempatan yang sama.

Sebagai catatan, sebelumnya Kemenpar juga sudah mengandeng beberapa brand artis entrepreneur untuk Co-Branding dengan WI/PI antara lain dengan Malang Strudel, miliknya Teuku Wisnu yang menjadi pelopor kue kekinian para selebritis.

Berdasarkan pantauan TravelPlus Indonesia, selepas artis berdarah Aceh ini menandatangani NK co-branding tersebut beberapa bulan lalu, kemasan Malang Strudel-nya sudah terpasang logo Pesona Indonesia.

Hal serupa juga akan dilakukan oleh 20 brand artis entrepreneur, usai melakukan co-branding dengan Wonderful Indonesia hari ini.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Berfoto bersama usai penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) terkait Co-Branding Wonderful Indonesia.
2. Saat penandatanganan NK.
3. Sejumah brand korporat juga ikut co-branding.
4. Berfoto bersama Menpar Arief Yahya sebelum penandatanganan NK.
5. Logo Pesona Indonesia terpasang di kemasan Malang Strudel-nya Teuku Wisnu, sang pelopor kue artis kekinian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.