Dulu sempat ngetrend kafe artis yang menjamur di beberapa tempat, termasuk di Kafe Tenda Semanggi (KTS). Namun satu per satu rontok.
Sejumah artis kemudian melirik bisnis kuliner dalam bentuk rumah makan, lalu karaoke, kosmetik, minyak wangi, salon & spa, fashion, snack, kedai kopi, event organizer, kos-kosan/kontrakan bahkan real estate.
Ussy Pratama salah satu artis yang mempelopori bisnis kosmetik lewat label Dissy Cosmetics. Lipstick-nya laris manis.
Sejumlah artis lainnya tergiur berbisnis kosmetik. Ada Maiya Estianty dengan brand-nya EMK Skincare, Bunga Zainal (Bunga Skincare), Ashanty (Ashanty Beauty Care), Inul Daratista (Inul Beauty Skincare), Rossa, Feby Febiola (Rumah Kefir Febiola), Nafa Urbach (Daita), Aurellie Hermansyah (Aurelolly Lipcream), Jessica Iskandar (Jedar Cosmetic), Zascia Adya Mecca (Meccanism), Prilly Latuconsina (Ily Cosmetics), Iis Dahlia (ISDA Cosmetic), Ivan Gunawan (Mandjha.ivangunawan), dan Cathy Sharon (Urban Lips), dan lainnya.
Sementara Inul Daratista boleh dibilang artis yang memulai bisnis karaoke dengan serius. Lewat Inul Vista, penyanyi dangdut ini boleh dibilang menjadi ratu karaoke Indonesia sampai saat ini.
Artis-artis lainnya pun tergoda bermain di usaha karaoke. Sebut saja Rossa dengan Diva Family, Melly Goeslaw (Melly Glow), Ahmad Dhani (Masterpiece Family), Maiya Estianty (Alegro), Lyra Virna (Lyrics), Charly Setia Band (Grand Charly VHT), Anang (Anang Family), Ayu Ting Ting (Ayu Ting Ting Karaoke Keluarga), Ikke Nurjanah (My Boss), dan lainnya.
Beberapa artis lainnya lebih menekun bisnis kos-kosan. Ada Naysila Mirdad, Iis Dahlia, Tukul Arwana, Ben Kasyafani, Cita Citata, Citra Kirana, Zaskia Gotix, dan lainnya.
Dan beberapa tahun belakangan ini muncul puluhan artis entrepreneur yang berjualan cake jaman now (kue kekinian).
Harus diakui Teuku Wisnu-lah pelopornya lewat Malang Strudel yang berada di Kota Malang, Jawa Timur.
Baru kemudian diikuti puluhan artis lainya seperti Ussy Pratama dengan brand kuenya Cirebon Kelana di Cirebon, suami Ussy, Andika Pratama (Zapin-Batam), Rossa (Minang Mande-Padang) Melly Goeslaw (Just Cake-Pekanbaru), Zaskia Sungkar (Snow Cake-Surabaya), Shireen Sungkar (Rain Cake-Bogor), Zaskia Adya Mecca (MamahkeJogja-Jogja), Syahrini (Princess-Bandung dan Bogor), Irfan Hakim (Kunafe-Bandung dan Baklave-Makassar), Dude Harlino (Scrummy-Jogja dan Lapis Minang-Padang), Baim Wong (Premio- Balikpapan), Luna Maya & Chacha Frederica (Mandolin-Jakarta), Titi Kamal (Vava Cake-Jakarta), Irwansyah (Napoleon Cake-Medan), Glenn Alinskie (Lamington-Pontianak), Ricky Harun (Bong-Makassar), Hengki Kurniawan (Lampung Banana-Bandar Lampung) Dimas Seto & Dini Aminarti (Cinnamon-Cirebon), Indra Bekti & Istri (Sultana-Cirebon), Dewi Sandra (Wingkorolls-Semarang), dan Sandra Dewi (Queenroll-Palembang).
Tak ketinggalan Laudya Cynthia Bella (Makuta-Bandung), Denada (Sing Ken Ken Cake-Bali), Gisel (Gemolis-Medan), Oki Setiana Dewi (Patata-Surabaya dan Par Par-Medan), Ayu Ting Ting (Kuenya Ayu-Bekasi), Raffi Ahmad & Nagita Slavina (Gigi Eat Cake-Depok & Cirebon), Denny Cagur (Cassata-Pekanbaru), Zaskia Gotix (Gotix Cake-Karawang), Inul Daratista (Inul Cake and Pastry-Surabaya), Fitri Carlina (Sanava Cake-Banyuwangi), Cita Citata (C'eat A Cake-Bandung), Via Vallen (Vallen Cake-Solo), Gracia Indri (Lenso-Manado), Prilly Latuconsina (Really Cake-Balikpapan), dan lainnya.
Kenapa semakin banyak artis yang menggeluti bisnis kue kekinian? Jawabannya bisa jadi mereka belajar dari pengalaman artis-artis sebelumnya yang mungkin terlena dengan ketenaran dan kekayaan namun lupa untuk berinvestasi selagi jaya dengan cara berbisnis sampai akhirnya terbengkalai di masa tua.
Kedua, semakin banyak artis sekarang ini yang berpendidikan tinggi, ditambah pergaulan yang semakin luas sehingga pola pikirnya untuk berbisnis sebagai investasi masa depan, semakin terbuka.
Ketiga, modal bisnis kue kekinian sepertinya relatif lebih terjangkau dibanding usaha resto, karaoke, apalagi perumahan.
Prilly Latuconsina yang mewakili anak jaman now, misalnya mengaku menggelontorkan modal sampai di atas Rp 1 M untuk bisnis kuenya di Balikpapan dan Jakarta.
“Sebenarnya modal kurang dari 1 M rupiah itu juga bisa. Besarnya modal itu tergantung dari bahan-bahan kuenya, lokasi gerai, dan juga seberapa banyak chef-nya,” akunya kepada TravelPlus Indonesia disela-sela acara Co-Branding Wonderful Indonesia dengan Artis Entrepreneur yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jakarta, Selasa (14/11/2017).
Keempat, berdagang kue bisa jadi pula lebih praktis, apalagi sudah ada tim management yang mengurusnya.
Contohnya beberapa artis entrepreneur kue berada dalam satu manajemen berlabel Jannah Corporation (JC) milik Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Kabarnya, semua diurus oleh manajemen tersebut, termasuk promosinya.
Kelima, selain modal uang (kekayaan), para artis berani berbisnis lantaran sudah memiliki nama (ketenaran) sebagai public figure.
Lewat kepopulerannya tentu saja, brand bisnisnya lebih mudah memikat perhatian masyarakat dibanding orang biasa (non artis).
Keenam, bisnis artis sekarang pun diuntungkan dengan teknologi digital/online. Ketersediaan media sosial (medsos) terutama Instagram kian mempermudah mereka berpromosi.
Apalagi sebagai artis, jumlah followers mereka tentu saja jauh di atas rata-rata orang kebanyakan.
Tengok saja followers Ayu Ting Ting yang mencapai 22,5 juta, Raffi Ahmad & Nagita Slavina (20,4 juta), Laudya Cynthia Bella (19,6 juta), Prilly Latuconsina (19, 1 juta), Luna Maya (13,5 juta), Cita Citata (7,1 juta) sama seperti Iis Dahlia (7,1 juta), Titi Kamal (5,7 juta), Rossa 4 juta, dan Krisdayanti 2,9 juta. Wow fantastis.
Tengok saja followers Ayu Ting Ting yang mencapai 22,5 juta, Raffi Ahmad & Nagita Slavina (20,4 juta), Laudya Cynthia Bella (19,6 juta), Prilly Latuconsina (19, 1 juta), Luna Maya (13,5 juta), Cita Citata (7,1 juta) sama seperti Iis Dahlia (7,1 juta), Titi Kamal (5,7 juta), Rossa 4 juta, dan Krisdayanti 2,9 juta. Wow fantastis.
Tak heran para artis itu pun memanfaatkan Instagram-nya untuk mempromosikan beragam brand bisnisnya sendiri, sekaligus menjadi endorsers beragam brand orang lain.
Tak cuma itu, sejumlah artis entrepreneur jaman now pun melebarkan sayap promosi brand-nya dengan melakukan Co-Branding bersama Wonderful Indonesia (WI)-nya Kemenpar.
Tujuannya tentu supaya semakin menasional bahkan go international brand mereka, mengingat brand WI sudah berkelas dunia.
Kondisi itu jelas berbeda dengan artis-artis jaman dulu yang ruang dan cara promosi bisnisnya terbatas, masih konvensional lantaran belum ada teknologi digital/online/internet/youtube/medsos/vlog, co-branding, dan lainnya.
Kendati diuntungkan secara teknologi namun bisnis kue yang dilakukan para artis entrepreneur masih dianggap musiman alias ikut-ikutan sebagaimana diutarakan Ussy Pratama.
“Sama seperti bisnis kafe dulu, bisnis kue ini juga sepertinya musiman,” aku artis berdarah Betawi ini.
Meskipun musiman, lanjut Ussy, usaha kue artis bisa tetap langgeng kalau pemiliknya mengutamakan rasa bukan ketenaran namanya.
“Kalau rasanya enak, mau pemiliknya itu artis ataupun bukan, pasti akan diburu banyak orang,” pungkas Ussy.
Satu hal yang terpenting, langgeng dan berkembang atau tidaknya usaha para artis entrepreneur, yang pasti mereka sudah berupaya ikut menciptakan lapangan kerja bagi segelintir orang, sekaligus turut mengangkat nama daerah tempat mereka berbisnis termasuk sektor pariwisatanya.
Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Captions:
1. Sejumlah artis entrepreneur berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata melakukan Co-Branding Wonderful Indonesia.
2. Pedangdut Fitri Carlina memperkenalkan Savanna Cake-nya ke Menpar Arief Yahya.
3. Prilly Latuconsina mewakili anak jaman now yang berbisnis.
4. Ussy Pratama memperkenalkan kue Cirebon Kelana-nya ke Menpar Arief Yahya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.