Rabu, 02 Oktober 2019

APWI 2020 Berhadiah Total Rp 1 Miliar

Dinilai memiliki _media value_ yang tinggi sehingga efektif mempromosikan kebijakan strategis Kementerian Pariwsata (Kemenpar) dan destinasi wisata di Tanah Air, ajang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) tahun depan akan diadakan dengan hadiah yang lebih besar, totalnya menjadi Rp 1 Miliar.

Hal itu ditegaskan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam APWI 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

"Total hadiah APWI 2020 sebesar Rp 1 miliar, dua kali lebih tinggi dari tahun ini yang berjumlah Rp500 juta. Hadiah kategori Best of The Best untuk APWI tahun depan juga bakal naik menjadi Rp 250 juta, tahun ini hanya Rp100 juta," ungkap Arief Yahya.

Tema APWI 2020, sambung Arief Yahya akan mengangkat Tourism 4.0 yang merupakan perpaduan era digital dan milenial.

Total hadiah APWI terus mengalami peningkatan. Tercatat pada 2017 total hadiah yang diberikan Rp200 juta, pada 2018 naik menjadi Rp300 juta, dan 2019 meningkat signifikan menjadi Rp500 juta.

“Hadiahnya relatif besar. Tapi Media Value APWI 2019 bisa mencapai Rp15 miliar. Jauh lebih tinggi dari anggaran yang kami berikan. Ilmunya media valuenya tinggi, dan eskposurenya besar sehingga sangat membantu promosi sesuai tema yang ditetapkan,” jelas Arief Yahya.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Kurleni Ukar menambahkan pemberian penghargaan APWI 2019 merupakan bentuk apresiasi Kemenpar kepada para pewarta pariwisata atas karya tulisan dan tayangan televisi terbaik mereka seputar _Millennial Tourism_ sebagaimana tema utama dan Destinasi Super Prioritas yang mendapat perhatian khusus pemerintah.

"Dengan tema wisata milenial, pihaknya berharap kinerja sektor pariwisata Indonesia semakin baik termasuk dalam upaya memenuhi target kunjungan 18,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini, di mana lebih dari 50 persen datang dari kalangan kaum milenial," terang Kurleni.

Lomba APWI 2019 diadakan dengan dua tema besar, yaitu Millennial Tourism dan 5 Destinasi Super Prioritas.

Kompetisi diikuti peserta masing-masing kategori yaitu Majalah 28 karya, Surat Kabar 40 karya, Televisi 73 karya, Blog 92 karya, Media Online 117 karya, dan Kategori Khusus 79 karya dan satu kategori Best of The Best.

Lomba tahunan yang sudah digelar sejak 2003 ini juga memberikan voucher liburan dengan total nilai sebesar Rp31 juta dari tiket.com. 

Berikut daftar pemenang APWI 2019:

*Pemenang Kategori Blogger APWI 2019*

Juara Satu: "The Kaldera, Pintu Milenial Tourism di Toba" karya Ang Tek Khun.

Juara Dua: “Terjebak di Antara Dua Dimensi Waktu de Tjolomadoe” karya Sukma Mustika Aji.

Juara Tiga: “Jelajah Budaya dan Sejarah Dalam Jogja Cross Culture Wisata Yang Cocok Buat Milenial" karya Arinta Setiasari.

Juara Harapan Satu: “Mencoba De Loano Glamorous Camping, Wisata Kemah Milenial di Dekat Borobudur" karya Ardian Kusuma.

Juara Harapan Dua: “Taman Bunga Sampai Tempat Angker, Serunya Berburu Destinasi Instagramable" karya Fahrio Rizaldi Abror.

Pemenang Kategori Cetak Majalah APWI 2019

Juara Satu: “Vakansi Visual" karya Kurniadi Widodo dan Christian Rahadiansyah.

Juara Dua: “Ekspresi Imajinasi Ala Milenial" karya Dody Wiraseto.

Juara Tiga: “Semarang" karya Andri Syahreza.

Juara Harapan Satu: “Berebut Pasar Pelancong Milenial yang Seksi" karya Sri Niken Handayani.

Juara Harapan Dua: “Wisata Milenial di Jogjakarta" karya Harry Purnama. 

*Pemenang Kategori Media Cetak Koran APWI 2019*

Juara Satu: “Nge-Vlog” di Dataran Tinggi Dieng" karya Arief Suharto”. 

Juara Dua: “Jelajah Hutan Anggrek Nan Kekinian" karya Briyanbodo Hendro.

Juara Tiga: “Menggenggam Promosi Digital, Menggaet Wisman Milenial" karya Fadhil.

Juara Harapan Satu: “Lukisan Warna Bumi Anoa" karya Saiful Rijal Yunus.

Juara Harapan Dua: “Kenalkan Waktu Ulo dan Pegon Melalui Vlog dan Blog" karya Bagus Supriadi.

*Pemenang Kategori Media Online APWI 2019*

Juara Satu: “Bius Tujuh Destinasi Kekinian Bandung" karya Edi Sutrisno.

Juara Dua: “Pesona Cinta dari Teluk Jering" karya Muhammad Amin.

Juara Tiga: “Mengincar Wisatawan Milenial dengan Warisan Dunia" karya Miko Elfisha.

Juara Harapan Satu: “Melepas Penat Sejenak di Kafe Tengah Hutan Kota Jakarta nan Instagramable" karya Dinny Mutiah.

Juara Harapan Dua: “Mencari Permata Tersembunyi di Yogyakarya" karya Silvita Agmasari.

*Pemenang Kategori Media Televisi APWI 2019*

Juara Satu: “Menyusuri Jejak Kolonial ala Milenial, program Geopark Indonesia, INEWS”.

Juara Dua: “I Love Jakarta, program Journey, Metro TV”.

Juara Tiga: “Wisata Milenial Bandung Juara, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.

Juara Harapan Satu: “Surga di Ujung Timur Nusantara, program Destinasi Liputan 6, SCTV”.

Juara Harapan Dua: “Surga Nomad di Pulau Dewata, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.

*Pemenang Kategori Khusus APWI 2019*

Juara Satu: “Melirik Wisata Nomadik Labuan Bajo, program Inside Indonesia, CNN Indonesia TV”.

Juara Dua: “Jalan Jalan! Horas Menjuah-juah, program Jalan-Jalan! Kompas TV”.

Juara Tiga: “Pesona Kawasan Wisata Mandalika, program CNN Indonesia News, CNN Indonesia TV”.

Juara Harapan Satu: “Bukit Holbung Danau Toba karya Yuki Anggia Putri”.

Juara Harapan Dua: “Mengakrabi Romantisme Borobudur Nan Penuh Teka-Teki karya Hannif Andy Al Anshori”.

*Pemenang Best Of The Best APWI 2019*:  Surga Cantik dari Indonesia Timur, program Travel Addict, GTV.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig; @adjitropis)
Foto: dok.biro komlik kemenpar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.