. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 02 Januari 2020

18 Event Tahun 2020 Ini Bakal Sempurnakan Kunjungan Wisata Anda di Bintan

Berkunjung ke Kabupaten Bintan di Pulau Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) untuk tujuan wisata atau liburan memang bisa kapan saja. Tapi kalau mau sempurna (baca: lebih puas/komplit), sebaiknya saat Bintan menyelenggarakan acara wisata (tourism event)-nya.

Nah, sepanjang tahun 2020 ini sekurangnya ada 18 tourism event yang disiapkan oleh Pemkab Bintan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar)-nya.

Kalau Anda ingin melihat lomba permainan sampan layar mini tanpa awak atau yang lebih dikenal dengan jong, waktu yang tepat datang ke Bintan tentu saja saat pelaksanaan Jong Selatan Race.

Acara itu akan digelar di Teluk Balau, 28 Februari 2020.

Info tersebut, TravelPlus Indonesia peroleh dari daftar Calendar of Event (CoE) Bintan 2020 yang dikirim oleh Kepala Disbudpar Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar, Kamis (2/1/2020).

Menurut Wan Rudy Bintan sangat kental dengan budaya kemelayuan. Ada beragam adat istiadat dan kebiasaan atau budaya melayu yang masih terus dilestarikan di negeri berjuluk Bumi Segantang Lada ini, salah satunya permainan jong.

"Jong merupakan perahu layar mini yang memanfaatkan tenaga angin sebagai penggerak tanpa dinahkodai," jelasnya.

Selain Jong Selatan Race, sebelumnya Anda juga bisa menyaksikan permainan jong pada Festival Keter Bintan yang akan dihelat di Pantai Keter, Teluk Bintan, 15-16 Februari 2020.

Di festival itu, selain lomba jong biasanya juga ada lomba panjat pinang dan gebuk bantal di laut serta hiburan musik dangdut.

Kalau Anda senang dengan aktivitas wisata olahraga (sport tourism) seperti lari marathon, berenang di laut, balap sepeda, dan atau bermain golf, sebaiknya sambangi Bintan selagi penyelenggaraan Tour de Bintan (27-29 Maret), Bintan Triathlon (5-7 Juni), Bintan Marathon (4-5 Juli), Ironman 70.3 Bintan (16 Aguatus), dan Bintan Golf Challenge/President Cup (17 Oktober).

Kalau ingin melihat atau bahkan sekalian mengikuti lomba olahraga cinta alam yang memacu adrenalin, kecepatan, dan kekompakan tim, Anda bisa menjadi peserta Trekking Bintan Camteras yang akan dilaksanakan 15 April 2020 di Seri Kuala Lobam.

Di Trekking Bintan Camteras, setiap tim (biasanya terdiri atas 3 orang), harus melintasi trek cukup panjang dan penuh tantangan antara lain climbing, rapeling, air softgun, memanah, dan ditambah bermacam permainan tradisional hingga garis finish.

Kalau senang melihat kapal-kapal yacht yang dinahkodai para yachter mancanegara, Anda harus ada di Bintan saat acara wisata yacht bertajuk Wonderful Sail to Bintan di Bintan Resort, 8-10 November 2020.

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai bermacam tari, teater, dan kesenian tradisional khas melayu Bintan lainnya, Anda bisa bertandang ke Bintan sewaktu  penyelenggaraan Festival Tari Bintan (20-21 Maret), Festival Teater (18-19 September) di Bintan Timur, dan atau ketika ada acara budaya (culture event) Pesta Kesenian Rakyat.

Tapi kalau mau melihat kemeriahan perayaan Imlek atau tahun baru China, datangnya bertepatan dengan Chinese New Year Festival tanggal 16 Februari 2020 di Lagoi Bay.

Terakhir, kalau ingin liburan akhir tahun Anda di Bintan lebih berkesan, ikuti saja acara KasmaRun 2020 di Bintan Resort, 31 Desember mendatang.

Asyiknya ikut KasmaRun ini, Anda bukan cuma sekadar running fun (lari santai) rame-rame tapi kemudian juga menyantap beragam kuliner nusantara dan mengikuti bermacam fun games serta menyaksikan pentas seni rupa dan musik yang berlangsung hingga malam hari saat momen pergantian tahun.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok.disbudpar bintan & genpi bintan

Captions:
1. Ajang balap sepeda Tour de Bintan.
2. Lomba jong atau perahu layar mini tanpa awak khas Bintan.
3. Bintan Triathlon diikuti atlit mancanegara.
4. Rapeling atau turun tebing salah satu tantangan dalam Trekking Bintan Camteras.
5. Daftar Calendar of Event Bintan 2020.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP