. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 16 November 2011

Empat Titik Terbaik Menikmati Kemolekan Senggigi



Senggigi menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan pariwisata Lombok. Kawasan berpantai dan berbukit ini pun bakal tetap menjadi andalan Lombok dalam hal menjaring wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara sekalipun ada kawasan wisata terpadu baru yakni Mandalika yang tengah dipersiapkan sebagai destinasi harapan NTB. Apa penyebabnya dan dimana saja menikmati pesona kemolekan Senggigi?

Banyak faktor penyebab Senggigi tetap diminati wisatawan antara lain ketersediaan obyek alam yang menawan berupa bentangan pantai dengan perbukitan, ditambah tiga gili atau pulau yang berpasir putih dan berpanorama indah yakni (Gili Trawangan, Air, dan Gili Meno) di seberangnya.

Ketersediaan akomodasi mulai dari resort berbintang ber-landscape menghadap laut sampai dengan penginapan biasa seperti hotel melati dan homestay pun menjadi faktor pendukung lain.

Disamping itu ketersediaan sejumlah tempat hiburan mulai dari café, diskotik, karoke, dan resto yang membuat suasana malam di kawasan ini tetap menggeliat sampai dini hari, bahkan lebih hidup ketimbang siang hari.

Dan tak kalah penting, adanya upaya warganya menjadi tuan rumah yang lebih siap dibanding daerah lain. Siap dalam artian berusaha menerima tamu dari bermacam negara dengan baik dan mencoba memahami segala perbedaan karakter dan kebiasaannya. Ada semacam tenggang rasa disini, tidak terpaku dengan aturan dan norma, tidak kaku agar tamunya betah. Dan ini yang belum dipahami kawasan lain sehingga Sengggi lebih menonjol. Atmosfir kondusif seperti ini seperti suasana di Bali.

Yang juga menjadi fantor pendukung lainnya banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan ini seperti bersantai, berjemur, berenang, volley pantai, sampai menggelar MICE (meeting, incentive, convention & exhibition) serta menikmati Festival Sengggi yang berisi parade budaya mayarakat Lombok dan Festival Mutiara.

Selain itu, ada banyak titik untuk menikmati kawasan Senggingi sehingga wisatawan tidak cepat bosan. Sekurangnya ada empat (4) titik terbaik untuk mendapatkan kemolekan kawasan ini dari berbagai sisi.

Pertama, kalau ingin melihat pemandangan Senggigi secara keseluruhan mulai dari hamparan laut, jalan yang berkelok, perbukitan, sampai karang bolongnya dari atas Bukit Malimbu (Malimbu Hill). Bukit ini ada di tepi kanan Jalan Raya Senggigi. Tak sulit menjangkaunya. Pengunjung tinggal berjalan kaki hingga sampai di atasnya. Ada saung sederhana di atas bukitnya.

Kedua, dari trotoar tepi Jalan Raya Senggingi di bawah Bukit Malibu. Di tempat ini menjadi favorit pengunjung yang datang dengan sepeda motor maupun mobil. Yang membuat tempat ini ramai karena banyak pedagang makanan kecil seperti bakso keliling, jagung bakar, aneka minuman, dan tentu saja para pedagang cenderamata khas Lombok berupa aksesoris mutiara, kain tenun, kaos, dan lainnya.

Ketiga, dari Pantai Senggigi di depan resort. Dari tempat ini pengunjung dapat melihat aktivitas nelayan dan pesona sunset-nya sambil menyantap pelecing kangkung, sate, dan lepet secara lesehan di pantai beralas tikar.

Keempat, kalau ingin menikmati kemolekan Senggigi malam hari, titik terbaik tentu saja di sepanjang Jalan Raya Senggigi, tepatnya di deratan café, karoke, diskotik, dan resto yang mulai ramai jelang tengah malam hingga dini hari.

Melihat faktor pendukung dan banyaknya titik lokasi untuk menikmati Senggigi, wajar kalau kawasan yang namanya sudah tersohor di mancanegara ini tetap diminati dan akan terus diminati wisatawan baik wisnus maupun wisman, kendati sebenarnya masih banyak obyek wisata alam lain di Lombok yang tak kalah menawan.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP