. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 12 Desember 2016

Perayaan Hari Nusantara 2016 Lambungkan Wisata Lembata

Peringatan puncak Hari Nusantara 2016 berlangsung di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), hari ini, Selasa, 13 Desember. Dampak acara bertema "Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia" ini, minimal 5 objek wisata unggulan Lembata dan tenun khasnya turut melambung.

Kelima objek wisata andalan lembbata  itu adlah desa nelayan Lamalera di Kecamatan Wulandoni, Tanjung Nuhanera di Kecamatan Lebatukan, Bukit Doa dan Bukit Cinta di Bour-Kecamatan Nubatukan, Puncak Ile Lewotolok di Kecamatan Ile Ape, dan Pantai Bean di Kecamatan Buyasuri serta tenun khas Lembata.

Desa Nelayan Lamalera masih menjadi objek wisata andalan utama Lembata bahkan NTT. Desa yang dihuni umat Katolik ini tersohor karena memiliki tradisi penangkapan ikan paus dengan cara tradisional. Untuk mencapai desa ini, relatif tidak sulit lantaran akses transportasi baik dari Lewoleba melalui jalur darat maupun dari mana saja melalui jalur laut. 

Tanjung Nuhanera merupakan objek wisata untuk melihat eksotika Pulau Lembata dengan lekak-lekuknya. Wisatawan bisa mendayung sampan di hamparan teluk yang tenang, nyaris tak bergelombang. 

Pilihan lain menyelam, mengeksplor kekayaan bawah lautnya, lalu berkunjung ke kampung adat ataupun tracking mendaki Gunung Ilelewotolok. Tanjung ini tidak jauh dari Kota Lewoleba dan didukung oleh akses jalan raya yang sudah bagus. 

Bukit Doa dan Bukit Cinta berjarak cuma 20 menit dari Kota Lewoleba, Lembata. Bukit Doa dan Bukit Cinta juga sering disebut sebagai Wolor Pass dengan monumennya yang gagah terpajang dan indah dilihat dari laut. 

Puncak Ile Lewotolok merupakan gunung berapi di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Wisatwan yang suka mendaki biasanya memulai pemndakiannya dari Desa Lamagute, Ile Ape Timur. 

Pantai Bean dosebut-sebut duplikatnya Phuket, berupa keindahan panorama pantai yang membentang dari barat ke timur sejauh kurang lebih 5 KM dengan hamparan pasir putih, hempasan ombak yang cukup besar, tebing, dan gua alam. 

Pantai ini terletak di ujung Pulau Lembata yang berhadapan langsung dengan Pulau Alor. Terletak di Desa Bean Kecamatan Buyasuri dengan jarak tempuh 82 KM dari pusat Kota Lewoleba Dapat dijangkau dengan angkutan darat. 

Puncak acara Hari Nusantara 2016 akan diramaikan dgn parade berbagai Kapal Perang TNI antara lain KRI Makasar-590; kapal Landing Platform Dock KRI Surabaya-591, Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Sura-802, dan Kapal latih taruna AAL KRI Dewaruci serta pesawat udara jenis Casa dan Heli jenis Bell. 

Aneka lomba olahraga bahari seperti renang laut dan lomba dayung perahu tradisional juga akan menyemarakkan acara. Selain itu ada demo sailing pass, pameran pendidikan, dan Alutsista.

Tanggal 13 Desember ditetapkan sbg Hari Nusantara lewat SK Presiden No. 126 Tahun 2001 yang ditandatangani Presiden Megawati Soekarnoputri. 

Pencanangan pertama Hari Nusantara sendiri dilakukan pada 1999. Tujuannya untuk mengubah mindset Bangsa Indonesia dari ruang hidup darat menjadi laut. 

Agenda Nasional tahunan ini merupakan momentum untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang mampu menyejahterakan rakyat. 'Met Hari Nusantara... 

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) 
Foto: dok. hari nusantara & tourismnttprov

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP